18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Mahasiswa PCU Berhasil Borong Penghargaan di Ajang LO Kreatif 2023

Surabaya – Delapan tim mahasiswa PCU (Petra Christian University) berhasil memborong juara dari enam kategori lomba yakni Tik Tok, Komik, Ide Bisnis, Fotografi, Video Pendek, dan Desain Poster di ajang LO Kreatif 2023 yang digelar APTISI Wilayah VII Jawa Timur. Tahun ini mengangkat tema: Membangun Sinergi, Kreativitas, dan Inovasi dalam Merdeka Belajar.

“Para mahasiswa mengikuti kompetisi ini melalui beberapa mata kuliah, dan kami sangat bangga bahwa perjuangan serta kerja keras mereka bisa berbuah manis,” ungkap Cindy Muljosumarto, S.Sn., M.Des., salah satu dosen pengampu.

Ia merinci bahwa dalam prosesnya, mulai dari pembekalan materi, pengerjaan draft, hingga masuk ke tahap final, para mahasiswa itu mendapat bimbingan dari dosen maupun asisten dosen. Tak heran, berkat tangan dingin mereka, delapan tim mahasiswa berhasil membawa pulang Piala Juara dari enam kategori lomba yakni Tik Tok, Komik, Ide Bisnis, Fotografi, Video Pendek, dan Desain Poster.

Delapan tim itu beranggotakan mahasiswa dari program Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Textile and Fashion Design. Dengan kreativitas masing-masing, mereka telah menghasilkan beragam karya yang berkaitan dengan Merdeka Belajar.

Salah satu juara menampilkan Komik berjudul: NawaSena, karya Antonia Clearesta, Stephanie Angelina, dan Caroline Angelia dinobatkan sebagai Juara 3. Komik itu menceritakan dua karakter bernama Nawa dan Sena yang memiliki latar belakang berbeda.

Antonia membagikan, kata Nawasena berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Masa Depan yang Cerah. Sehingga di cerita komiknya, mereka ingin menunjukkan jalan hidup kedua karakter dalam meraih kesuksesan dengan caranya masing-masing.

“Kami juga ingin menyampaikan pesan bahwa lewat Merdeka Belajar, semua siswa dari berbagai kalangan masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Misal Nawa yang digambarkan dari keluarga kurang mampu. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya Merdeka Belajar yang memberinya kesempatan belajar ke luar negeri lewat program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards),” rinci Antonia.

Sementara itu, sebagai salah satu dosen pengampu, Cindy Muljosumarto berharap agar para mahasiswa semakin semangat mengikuti berbagai macam lomba. “Jadikan itu sebagai ajang untuk meningkatkan potensi diri, menambah pengalaman, dan memperluas relasi,” pungkas Cindy. Dalam ajang LO Kreatif 2023 ini sendiri, tercatat ada 3.013 peserta dari 92 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berpartisipasi, dengan total 788 tim.info/red