13 June 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Telkom Kerjasama Bareng Tanto Dukung Digitalisasi Industri Pelayaran

Surabaya – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi pelayaran PT Tanto Intim Line (Tanto) dalam upaya mempercepat digitalisasi di industri pelayaran. Kerja sama tersebut berupa pengimplementasian IoT Tracking Container yang bertujuan untuk memaksimalkan pelacakan unit kontainer yang dimiliki oleh Tanto melalui pemanfaatan Internet of Things (IoT) dari Antares.

“Telkom sebagai tulang punggung digitalisasi di Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi pada produk dan layanan digitalnya, guna menjawab kebutuhan digital bagi berbagai industri di tanah air. Kerja sama dengan PT Tanto Intim Line yang memanfaatkan platform Antares menjadi solusi untuk memonitor pengiriman barang dengan fasilitas pelacakan yang akurat,” ujar EVP Telkom Regional V, Teddy Hartadi.

Solusi yang dihadirkan Telkom melalui IoT Tracking Container Antares berupa instalasi GPS Tracker untuk mendeteksi lokasi selama proses pengiriman barang. Hasil pelacakan tersebut dapat diakses secara real time melalui dashboard web yang disediakan.

Guna mempermudah monitoring container inside dan outside depot, Antares juga memasang fitur Bluetooth Gateway di container depot.

“Kami sangat senang akhirnya proyek yang tertunda ini bisa terealisasi bersama Telkom. Kerja sama dengan Telkom selalu berjalan dengan baik, dan harapannya kerja sama antara kami dan Telkom bisa terus berlanjut,” kata IT Director Tanto, Agung Prayitno.

Implementasi solusi IoT Tracking Container dari Antares diharapkan dapat mengefisiensikan beban operasi perusahaan, mengoptimalkan pelacakan kontainer secara real time, dan meminimalisasi fraud serta menekan potensi perusahaan kehilangan muatannya. Dengan begitu, harapannya kepercayaan konsumen tetap terjaga dan experience customer dari pelanggan terus meningkat.

Antares sendiri adalah penyedia solusi IoT yang memberikan pelayanan kepada perusahaan agar dapat mengoptimalkan, menumbuhkan, dan mentransformasi bisnis mereka dengan solusi IoT. Kehadiran Antares menjadi jawaban Telkom untuk membantu sektor industri menghadapi tantangan digital. Info/red