24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Swiss-Belinn Malang Ajak Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara


56
/ 100


Swissbell Malang Event

Malang – Kanker Payudara dan Serviks bagi wanita masih menjadi momok yang menakutkan sebagai penyebab kematian tertinggi di manapun berada. Sangat berbahaya kalau tidak diketahui sedini mungkin.

Itulah satu poin penting yang dikatakan Lusi Anggi Pratiwi, STr, Kebidanan. dari Yayasan Kanker Indonesia saat membuka Seminar Kesehatan bertemakan “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks & Payudara” yang digagas oleh Swiss-Belinn Malang dalam rangka Hari Kanker Sedunia, Jumat 09 Feb 2024
.
Menurut Lusi, melalui seminar ini, peserta dapat memperoleh informasi tentang bagaimana mengenal gejala tanda-tanda kanker payudara dan serviks sedini mungkin, serta cara pencegahannya. “Sehingga kalau sudah selesai mengikuti seminar ini, maka informasi yang didapatkan ini dapat disampaikan kepada kaum wanita lainnya,” katanya.

Dijelaskannya, kanker termasuk salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Fakta menunjukkan jumlah kasus terus meningkat dari tahun ke tahun. Di regional Asia Tenggara, kanker membunuh lebih dari 1,1 juta orang setiap tahun. Organisasi kesehatan dunia (WHO) memperkirakan tahun 2030, kanker akan menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Oleh karenanya, diperlukan peran serta semua pihak untuk meningkatkan kualitas kesehatan wanita di Kota Malang khusunya.

“Tidak hanya Pemerintah Daerah saja, melainkan seluruh pemangku kepentingan yang ada harus aktif mendukung upaya-upaya pencegahan kanker serviks dan payudara.  Kita kalau kompak dan bersatu, pasti akan berhasil,” tegasnya.

Lebih lanjut Human Resource Swiss-Belinn Malang Windi Wiyana menegaskan bahwa penyakit kanker serviks dan payudara memang sangat berbahaya. Namun semua itu dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat “Bahkan yang sudah positif mengidap penyakit kanker serviks dapat juga dilakukan sejumlah pengobatan melalui konsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Tapi mending kita mencegah terlebih dahulu ya, sebagai upaya dari kita untuk mengantisipasi adanya tanda-tanda atau gejala yang mengarah ke kanker,” urai dia.

Sementara itu, seminar kesehatan yang di selenggarakan oleh Swiss-Belinn Malang ini bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia, yang mengundang seluruh Wanita di wilayah Malang. Dengan harapan dengan adanya seminar ini, para peserta dapat melakukan deteksi dini & menjadi tahu harus bagaimana dan kemana apabila terdapat indikasi atau gejala dari kanker tersebut. Info/red


56
/ 100


Verified by MonsterInsights