24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Siswa SMA Kristen YBPK I Surabaya Berhasil Raih Juara National Applied Science Project Olympiad 2023


60
/ 100


WhatsApp Image 2024 01 02 at 12.30.24

Surabaya – Siswa SMA Kristen YBPK I Surabaya, kedua tim berhasil menyabet penghargaan dalam ajang National Applied Science Project Olympiad (NASPO) 2023. Yakni  gold medal dan silver medal.

Lomba ini diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) bekerjasama dengan Departemen Aktuaria Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), berlangsung 19 Desember 2023 dan diakhiri dengan Awarding pada Jumat 22 Desember 2023, di gedung Graha ITS. Ajang bergengsi itu diikuti dari berbagai jenjang mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi tingkat Internasional.

Di ajang tersebut SMA Kristen YBPK I Surabaya mengirimkan dua tim yang terbagi dalam dua kategori yaitu Anak dengan berkebutuhan khusus dan Waste treatment.

Pada kategori anak dengan berkebutuhan khusus diikuti oleh tim Dyslexia yang beranggotakan Axel Zevanya (XI IPA), Ian Joshua Gondokusumo (XI IPA), Ester Raja Guk Guk, Ferdinand Feodore Flavius ( XI IPA ). Sedangkan untuk kategori Waste treatment diikuti pula oleh Rosario Riyan Putra Helisa (XII IPA), Gabriel Tiffany (XII IPA), Christian Rainhard Simatupang (XII IPA), Natania Dewi Ariel (XI IPA) dan Samuel Christofel Siwalette (XII IPA).

WhatsApp Image 2024 01 02 at 12.30.25

Kedua tim berhasil meraih penghargaan dalam kategori yang diikuti. Pada kategori Anak berkebutuhan khusus berhasil meraih medali silver penelitian Stop Bullying : Games MOF ( Miracle of Our Friends ) Untuk Mengenali Dyslexia. Sedangkan untuk kategori Waste Treatment meraih Gold Medal dengan judul penelitian Pengaruh Teknologi Daun Sono (Pterocarpus indiscus) Filter Exhaust Sebagai Absorbent Terhadap Kualitas Udara.

Kegiatan Awarding NASPO dan I2ASPO 2023 ini ditutup dengan pemberian Golden Ticket untuk masuk ke Departemen Aktuaria FSAD ITS, kepada peserta olimpiade terbaik pada jenjang SMA dengan poin tertinggi.

Pembimbing SMA Kristen YBPK I Surabaya Irene Listiani, S.Pd., M.Si. bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh tim peneliti atas jerih lelah dan perjuangan mereka tidak sia-sia selama ini. Harapan kedepan Sekolah Kristen YBPK Surabaya bisa terus berkarya lewat penemuan-penemuan yang dilakukan baik di tingkat SD, SMP maupun SMA terus semangat berprestasi menjadi the next Thomas Alva Edison tidak hanya di jenjang nasional tapi bisa sampai internasional dan terus bersyukur kepada Tuhan. info/red


60
/ 100


Verified by MonsterInsights