18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ma Chung Gelar Summer Camp Perkenalkan Budaya Indonesia

Malang – Universitas Ma Chung menggelar Summer Camp untuk mahasiswa internasional, bertajuk “Encounter Ma Chung 2024”, merupakan kegiatan dari rangkaian hibah program International Credit Transfer (ICT) yang berhasil disabet Universitas Ma Chung, pada 2023 lalu.

Lima belas mahasiswa internasional mengikuti program Summer Camp di Kota Malang mulai tanggal 15 hingga 26 Januari 2024.

Diikuti 11 mahasiswi internasional yang berasal dari CamTech University dan 4 mahasiswa dari Da-Yeh University.

Event “Encounter Ma Chung” merupakan program short course di mana mahasiswa universitas partner dapat merasakan dan belajar tentang bahasa dan kultur budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Selain itu, diselenggarakannya program ini untuk memperkenalkan Universitas Ma Chung guna memperkuat kerjasama antar partner.

Wawan Eko Yulianto, Ph.D. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dalam sambutannya meminta mahasiswa internasional yang mengikuti kegiatan dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

“Banyak hal yang kalian jumpai di sini. Saya harap teman-teman dapat menggunakan kesempatan ini sebagai sarana untuk belajar pengalaman baru dan melebarkan cakrawala baru,” ujar Wawan.

“Hal ini sejalan dengan semangat universitas kami dalam hal hubungan internasional. Kami benar-benar mendorong para siswa berinisiatif mencoba ke luar negeri belajar budaya yang berbeda, agar kaya pola pikir dan perilakunya,” imbunya.

Salah seorang mahasiswa perwakilan CamTech University dari Kamboja mengaku baru pertama kali ke luar negeri dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Kami senang memilih Indonesia sebagai negara pertama untuk dijelajahi,” ungkap Aok, Thunmnychan Makara.

Ia berharap memiliki banyak pengalaman dan kenangan di Indonesia, terutama di Malang. “Saya belum tahu banyak tentang budaya di sini. Saya berharap setelah 2 minggu mengalami banyak hal baik yang pasti akan menjadi menyenangkan,” tambah Aok, Thunmnychan Makara dengan semangat.

Aok, Thunmnychan Makara berharap dapat bertukar pengalaman, budaya, saling mengenal dengan mahasiswa Taiwan, dan Indonesia, bekerja sama satu sama lain di masa depan.

Berbagai kegiatan dipersiapkan untuk program Summer Camp ini, termasuk city tour Kota Malang, kunjungan ke Candi Badut, berkreasi dengan Topeng Malangan, serta mempraktekan seni melukis batik yang nantinya akan dibawa pulang ke negara asal mahasiswa internasional.

Kunjungan ke berbagai UMKM Malang, pasar tradisional, dan wisata petik apel juga menjadi bagian dari pengalaman mereka di Malang. Tidak hanya itu, mahasiswa internasional juga mengikuti kelas materi seperti Indonesia Digital World, Business Overview in Indonesia, serta Bahasa Indonesia 1-6.

Puncak kegiatan ditandai dengan presentasi oleh mahasiswa internasional. Para mahasiswa akan berbagi mengenai hal-hal menarik selama program berlangsung, dan memberikan wawasan unik tentang perbedaan budaya di Indonesia dengan negara asal mereka.

Pada akhir program, mahasiswa internasional menampilkan “Cultural Activity,” yang melibatkan presentasi atau drama singkat dalam Bahasa Indonesia sebagai hasil pembelajaran yang diterima selama program Summer Camp “Encounter Ma Chung 2024.”

Semua kegiatan dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman mahasiswa internasional tentang kekayaan budaya Indonesia.

Terselenggaranya program Summer Camp “Encounter Ma Chung 2024” ini menjadi bukti kegigihan dan sinergi Universitas Ma Chung dengan perguruan tinggi dunia dalam menyediakan pembelajaran yang global. Baik melalui program pertukaran pelajar untuk mahasiswa Universitas Ma Chung, maupun program Summer Camp “Encounter Ma Chung” untuk mahasiswa internasional.

Sebelumnya, dalam rangkaian program International Credit Transfer, sebanyak enam mahasiswa dari Universitas Ma Chung berkesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar di Da-Yeh University Taiwan selama 1 semester, mulai 1 September 2023 hingga Februari 2024. Info/red