24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Harumkan Nama Bangsa, Arsitek Muda Faldo Andreo Terima 10 Penghargaan Arsitektur Dari 6 Negara Berbeda


55
/ 100


IMG 20231029 WA0069 copy 640x426

Surabaya – Desainer Muda asal Surabaya kembali berprestasi dan harumkan nama bangsa di mata dunia. Setelah mendapatkan 5 penghargaan tingkat dunia di bidang desain arsitektur pada 5 tahun silam, Faldo Andreo kini raih penghargaan yang lebih banyak lagi dari 6 negara berbeda. Selebrasi kemenangan yang sekaligus sebagai upacara tahunan yang digelar di Hotel Four Seasons Korea Selatan di bulan Oktober lalu masih teringat jelas oleh Faldo Andreo. Acara tahunan yang berlangsung di hari Jumat (13/10) tersebut, Faldo meraih 2 penghargaan di bidang desain arsitektur.

Acara yang diselenggarakan di Korea Selatan itu merupakan salah satu ajang penghargaan terbesar di bidang desain skala Asia. Forum tersebut juga dihadiri oleh tokoh desain kelas dunia, sekaligus menjadi pertemuan tahunan desainer papan atas. Malam pertemuan yang dibuka oleh Prof. Dr. Ken NAH dari Hongik University (Hong Dae) yang sekaligus sebagai Chairman of Judging Committee, mengungkapkan kehormatan sebagai pemenang penghargaan K Design Award yang melalui proses penjurian dan penyisihan akurat dari ribuan karya dan puluhan negara. Selanjutnya, penyerahan sertifikat fisik kepada Faldo Andreo diserahkan dua kali (dalam dua penghargaan) oleh Prof. Sunah Kim dari Kumoh Institute of Technology dan Direktur Deokhee Jeong dari Adaptation (founder Tangram Design Lab, yang telah diakuisisi oleh perusahaan Kakao). Adapun karya dari Faldo Andreo mendapatkan komentar positif dari beberapa juri ternama seperti Prof. Shingo Ando dari Kyoto dan Kyunghoon Kim dari JUNGLIM Architecture (arsitek ternama dibalik Starfield Library, Korea).

Sebelumnya, Faldo Andreo juga telah menghadiri karpet merah dan malam anugerah dari Asia Architecture Design Awards di Singapura, bulan Agustus (14/8). Acara penghargaan arsitektur tingkat Asia tersebut diadakan di gedung Marina Bay Sands dan diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh Asia. Pada kesempatan tersebut, Faldo Andreo berhasil dinyatakan sebagai pemenang dalam 2023 Best Commercial Building Architecture Design, melalui desain karyanya Marsa Headquarter. Penyerahaan piala dan sertifikat diserahkan langsung oleh Mr. Tan Quee Peng dari RSP Architects (arsitek ternama dibalik pengembangan Resort World Sentosa) sekaligus Board of Advisors dari AADA.

Pencapaian Faldo Andreo lainnya di tahun yang sama antara lain; NDA’s Golden Novum Design Award (in Architecture Category), NDA’ Silver Novum Design Award (in Architecture Category), BLT Built Design Award 2023 Winner (in Architecture – Spiritual & Religious), BLT Built Design Awards 2023 Honorable Mention (in Architecture – Chapel), BLT Built Design Awards 2023 Honorable Mention (in Architecture – Office Building), DNA Paris Design Awards Honorable Mention (in Architecture – Commercial & Offices) dan International Architecture & Design Awards 2023 Silver Winner (Professional Category).

Pencapaian penghargaan di bidang desain arsitektur tahun ini tentu tidak mudah bagi Faldo Andreo. Ajang-ajang tingkat dunia tersebut selalu diikuti oleh banyak perusahaan raksasa dunia dan arsitek kelas dunia. Ditinjau dari pengumuman resmi BLT Design Awards yang diadakan di Switzerland, pemenang lainnya di kategori yang sama tahun ini adalah Kengo Kuma & Associates, Perkins&Will USA dan instansi kaliber dunia lainnya (yang di tahun sebelumnya juga diikuti oleh Zaha Hadid Architects). Sedangkan pada Novum Design Awards tahun ini, terdapat perusahaan besar seperti Aedas dan Kris Lin International Design yang dinyatakan sebagai sesama pemenang di kategori arsitektur. Info/red


55
/ 100


Verified by MonsterInsights