23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

FESyar Regional Jawa 2023,BI Catatkan 163.940 Pengunjung


57
/ 100


fesyar jawa 2023

Surabaya – Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2023 yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya resmi ditutup pada Minggu ( 1/20/2023 ).

Tercatat,jumlah pengunjung FESyar Regional 2023 yang digelar secara offline di Grand Atrium Pakuwon Mall maupun virtual melalui Tautan FESyar jawa.com, YouTube,dan kanal Istrgram telah mencapai total 163.940 dan terus akan meningkat seiring dengan berlangsung kegiatan tersebut.

” Tingginya jumlah pengunjung menandakan minat masyarakat terhadap ekonomi syariah yang terus meluas,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi yang diwakili oleh Rizki E,Wimanda selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur pada sambutan penutupan FESyar Regional Jawa 2023.

Sementara disisi lain, kata Rizki E Wimanda,pada partisipasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Syariah pada Gelaran FESyar Regional Jawa 2023 tersebut mengalami peningkatan secara signifikan.

” Tahun ini ( 2023 ) terdapat dua ratus ( 200 ) UMKM Syariah yang berpartisipasi secara virtual,dan seratus lima puluh ( 150 ) UMKM secara offline,” ujar Rizki

Terlebih kata Rizki,bahwa transaksi penjualan produk UMKM secara online dan offline tercatat 3,03 miliar,hal tersebut terhitung sejak dimulai Road to FESyar pada bulan Maret 2023.

Ia menegaskan, pencapaian tersebut juga didukung adanya pelaksanaan premium showcasing dan perluasan jangkauan pasar melalui Digitalisasi.
Rizki menambahkan,bahwa pelaku UMKM dalam FESyar Regional Jawa 2023 serta para pengunjung yang mengikuti Busines Matching meningkat.

” Terlihat dari pelaksanaannya enam puluh sesi konsultasi,baik secara offline dan online dari sisi pembiayaan produktif,penjualan UMKM syariah di Jawa, serta business matching dengan bayer potensial baik dari dalam maupun luar negeri,” tandas Rizki.

Pada FESyar Regional Jawa tahun ini, Pihaknya mengapresiasi seluruh Lembaga pembiayaan mitra Busines Matching yang berkomitmen melakukan konsultasi serta mendorong pengembangan Ekosistem Syariah diantaranya 8 Perbankan Syariah,15 Lembaga Ziswa dan 1 Bintek Syariah.

” Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kantor perwakilan bank indonesia di regional jawa atas partsipasi dan dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan FESyar regional Jawa 2023,”ungkapnya.

“Selain itu,kami juga berterima kasih kepada  penggiat ekonomi syariah serta seluruh mitra kerja,terkait dengan pengembangan ekosistem ekonomi syariah di wilayah Jawa atas kontribusi kesuksesan acara ini,” imbuh Rizki. info/red


57
/ 100


Verified by MonsterInsights