29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Bank BTN Memperingati Usia ke-74 Fokus Pembiayaan Perumahan


54
/ 100


Bank BTN

Surabaya – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) merayakan momen penting pada 9 Februari 2024 dengan memasuki usia ke-74 tahun. Sebagai salah satu institusi keuangan terkemuka di Indonesia, BTN telah membuktikan dedikasinya dalam menyediakan pembiayaan perumahan bagi masyarakat, khususnya mereka yang berpenghasilan rendah (MBR).

Sejak didirikan, BTN telah menjadi tulang punggung bagi banyak keluarga Indonesia dalam mewujudkan impian memiliki rumah sendiri. Dalam 74 tahun perjalanan, BTN berhasil membiayai lebih dari 5,2 juta unit rumah, di mana sekitar 4,05 juta di antaranya dinikmati oleh MBR melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi.

Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu, menyatakan komitmen bank untuk terus menjadi mitra pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat melalui kepemilikan rumah. “Kami telah membuktikan posisi kami sebagai bank yang paling banyak menyalurkan pembiayaan untuk MBR. Kami merupakan mitra pemerintah yang aktif dalam mensejahterakan rakyat dari sisi kepemilikan rumah,” ujarnya di Jakarta, Jumat (9/2).

Dalam rangka memperingati usia ke-74 tahun, BTN mengangkat tema “Berperan Membangun Peradaban dan Memajukan Masa Depan Bangsa”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan kontribusi BTN dalam menciptakan peradaban melalui kepemilikan rumah, yang pada gilirannya telah menghasilkan generasi yang berkontribusi besar bagi kemajuan bangsa.

Nixon menyoroti evolusi bisnis BTN, yang semula hanya berfokus pada pembiayaan rumah pertama, kini telah melangkah lebih jauh dengan menerapkan strategi “Beyond KPR” dalam dua tahun terakhir. Melalui strategi ini, BTN melihat potensi pembiayaan lain seperti Kredit Ringan Tanpa Agunan (KRING), Kredit Agunan Rumah (KAR), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain itu, BTN telah mengimplementasikan berbagai transformasi dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Transformasi tersebut termasuk optimalisasi kontribusi pada program KPR subsidi, pengembangan skema KPR yang menyasar generasi milenial, dan pengembangan bisnis yang selaras dengan era Disrupsi Digital.

Dalam upaya mencapai visi menjadi “The Best Mortgage Bank in Southeast Asia” pada tahun 2025, BTN akan terus fokus pada transformasi untuk memperluas area bisnis dan menyediakan solusi keuangan terintegrasi. Perubahan model bisnis Kantor Cabang Pembantu (KCP) menjadi salah satu turunan dari transformasi bisnis yang dilakukan, dengan fokus pada kontribusi margin dan profitabilitas.

Melalui langkah-langkah tersebut, BTN optimis bahwa dalam beberapa tahun mendatang, perusahaan akan mencapai posisi yang lebih baik dalam industri keuangan, dengan potensi naik menjadi urutan kelima dalam hal laba, seiring dengan peringkat aset yang telah mereka raih. info/red


54
/ 100


Verified by MonsterInsights