18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ajang PCU Edu Fair 2023, Resmikan Jas Almamater Baru Karya Mahasiswa

Surabaya – PCU (Petra Christian University) menggelar Edu Fair di Grand Atrium, Pakuwon Mall, Surabaya, pada 21-23 Juli 2023.

Mengangkat tema X-tended Reality, PCU hadir sebagai kampus yang siap menyambut kemajuan teknologi di era kebangkitan AI (Artificial Intelligence) sekarang ini.

Hal itu dibuktikan dengan berbagai macam aktivitas berbasis teknologi, yang tersedia di dalam venue acara.

Mulai dari Interactive Corner dari Petraverse, greeting gate yang memiliki sensor gerak, hingga kehadiran Vtuber pertama PCU bernama Abigail atau bisa disapa dengan Abby.

“Tahun-tahun ini kita sedang ada di era kebangkitan AI. Kami juga sudah punya PCU Digital Institute, di mana metode gamification dipakai untuk kuliah, dan bahkan ada karakter-karakter anime layaknya di dalam sebuah universe. Hal ini mengartikan bahwa PCU sudah siap dengan perkembangan teknologi itu,” ungkap Jessie Monika, S.S., Head of Marketing and Relation Department (MRD) PCU.

Total lima booth untuk lima fakultas, dan dua booth untuk tim admission.

Disediakan QR code bagi para pengunjung. Ketika mereka memindainya, katalog digital berupa flipbook berisi program-program studi PCU, akan muncul.

Tidak hanya katalog yang disajikan secara digital, penggunaan banner juga tidak akan ada dalam Edu Fair kali ini. Seluruh tampilan dipertunjukkan melalui screen atau monitor.

“Kita memang kampus yang selalu mencoba untuk berpikir tentang sustainability, bagaimana supaya tidak mencetak terlalu banyak kertas, sebisa mungkin kami upayakan untuk paperless. Ini jadi salah satu upaya kami dalam mendukung pelestarian lingkungan,” tambah Jessie.

Selain berkesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang program-program yang ditawarkan PCU, pengunjung juga diajak untuk menyelesaikan misi yang ada di PCU User Web-Platform.

Setelah menyelesaikan setiap misi dengan memindai QR code di masing-masing booth, para pengunjung memiliki kesempatan untuk memenangkan merchandise menarik dari PCU.

Mereka juga bisa menuliskan kesan dan pesan selama mengunjungi PCU Edu Fair: X-tended Reality ini, dan tulisan mereka akan muncul di layar yang sudah disediakan secara khusus.

Tidak hanya booth dari setiap fakultas, PCU juga menyediakan counselor yang akan membantu para calon mahasiswa baru dalam memilih program sesuai bakat dan minatnya masing-masing.

Lewat Edu Fair ini, PCU secara khusus membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2024/2025.

Mereka bisa memilih program, mendaftar, test untuk program tertentu, dan wawancara untuk program internasional, langsung pada hari acara PCU Edu Fair 2023: X-tended Reality ini.

Sedangkan untuk program yang tidak memerlukan test tambahan ataupun wawancara, pendaftaran bisa langsung diselesaikan di tempat, melalui link registration@petra.ac.id.

Tak ketinggalan, ada banyak beasiswa menarik yang juga ditawarkan oleh PCU.

Berbagai aktivitas seru lainnya juga hadir di Edu Fair ini, seperti PCU E-sports Competition, yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK dari seluruh wilayah Indonesia.

Ada pula Gourmet Showcase dari Culinary Business Management, dan peresmian jas almamater PCU yang baru, bertajuk “Unveiling the New Emblem” oleh rektor PCU, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., pada Edu Fair hari kedua, tanggal 22 Juli 2023.

Desain yang baru ini merupakan hasil karya mahasiswa Textile and Fashion Design PCU angkatan 2021. R. Arja Sadjiarto, SE, M. Ak., Ak., .

Ia selaku ketua tim pemilihan desain jas almamater menjelaskan, makna utama dari desain yang dipilih berbicara tentang kesiapan menghadapi perubahan, dengan tetap rendah hati dan mengandalkan Tuhan, seiring dengan visi dan misi PCU yang baru.

Pada hari terakhir Edu Fair, tanggal 23 Juli 2023, akan diadakan talkshow bersama Jerome Polin dengan tema, “Passion, Parents, Priorities”. Info/red