24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Yayasan Sosial Hakka Malang Gelar Talk Show ‘Kesaksian Belajar Bahasa Mandarin’


60
/ 100


c1 20231017 12282801 768x432 1

Surabaya – Yayasan Sosial Hakka Malang menyelenggarakan talk show dengan tema ‘Kesaksian Belajar Bahasa Mandarin’ dengan menghadirkan pembicara Novi Basuki. Sepanjang acara dipandu oleh Andri.

Novi Basuki yang dikenal dengan nama Wang Xiaoming, seorang peneliti, penulis dan pakar Islam di Tiongkok. Jebolan S1 hingga S3 universitas di Tiongkok ini memfokuskan perhatiannya pada politik, agama, sejarah dan hubungan Indonesia Tiongkok.

Acara talk show digelar di Gedung Hakka Malang, tepat pukul 5 sore, pada Minggu 15 Oktober 2023.

Acara diawali dengan doa. Dilanjutkan para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Panitia Acara Sindora yang juga Ketua Seksi Wanita Yayasan Sosial Hakka Malang, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir.

Juga kepada panitia yang bekerja keras, hingga terselenggaranya acara ini. “Terimakasih kepada para donatur,” ucapnya.

Adapun para sponsor pendukung di antaranya; Wingsfood, Bapak Widodo, RM Gloria, PT Arthawena Sakti Gemilang, dan Bapak Yopi.

Selanjutnya, sambutan Ketua Hakka Malang Sutanto Harsono diakhiri dengan memberikan rompi persahabatan kepada Novi Basuki.

Dilanjut dengan sambutan Dr. dr. H. Sugiharta Tandya, Sp.Pk. Kemudian sambutan Widodo Harsono selaku Ketua Pembina Yayasan Sosial Hakka Malang. Widodo juga memberikan kenang kenangan untuk Novi Basuk sebuah jas.

Pada kesempatan itu, Novi Basuki menceritakan dirinya yang 10 tahun di Tiongkok untuk menempuh pendidikan dan sangat menyukai filsafat-filsafat Tiongkok, khususnya Konfusianisme.

“Salah satu filsafat Konfusius yakni manusia yang sudah tidak bisa dipercaya, maka tidak layak menjadi manusia. Itu menginspirasi saya,”ujar Novi yang memegang teguh kepercayaan yang diberikan orang lain kepadanya.

Acara dimeriahkan Fu Ni Bu Yayasan Sosial Hakka Malang.

Acara ini dihadiri organisasi atau komunitas Malang Raya di antaranya;
Perkumpulan Fu Qing Malang, Perkumpulan Guang Zhou Malang, perwakilan pengurus Kelenteng Eng An Kiong Malang, Yayasan Sosial Heng Hwa Sukses Jaya Malang, pengurus Marga Go, FKWTMR, SSK, Elsom, Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya, Perkumpulan Sosial Panca Budhi, Yayasan Bima Sakti, INTI, PITI, PSMTI, PSI, Sekolah Bina Budi Mulia, Universitas Muhammadiyah, Universitas Ma Chung dan Institut Konfusius (孔子學院). Info/red


60
/ 100


Verified by MonsterInsights