29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Wawali Armuji Jenguk Korban Keracunan Vasa Hotel


54
/ 100


WhatsApp Image 2024 01 04 at 163605 850262133

Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji yang akrab disapa Cak Ji, mengungkapkan kekecewaannya terhadap Vasa Hotel yang dijuluki sebagai ‘Kebacut’.

Cak Ji menyampaikan bahwa pihak Vasa Hotel tidak hanya tidak memberikan santunan kepada korban selamat, tetapi juga tidak menjenguk mereka.

Cak Ji menegaskan, “Kan kebacut ini pihak Vasa Hotel, jangankan santunan, menjenguk saja enggak kok.” Ungkapan tegas ini disampaikan Cak Ji saat menjenguk salah satu korban selamat, Mitra, di Jalan Kyai Abdullah pada Kamis (4/1/2024).

Politisi berpengalaman dari PDIP Surabaya ini menyatakan bahwa pihak Vasa Hotel tidak menunjukkan tanggung jawab dan rasa kemanusiaan.

Cak Ji memaparkan kondisi Mitra saat berada di rumah sakit, di mana darahnya telah tercampur dengan racun yang terdapat dalam minuman yang dikonsumsinya. Racun tersebut, menurut hasil pemeriksaan dokter, adalah metanol.

“Pihak Vasa yang kita sayangkan tidak ada rasa kemanusiaan sama sekali. Artinya dia melihat korban yang sekarang ini masih dalam perawatan dan pengawasan dokter itu tidak ada (kemanusiaan) sama sekali,” tegas Cak Ji, yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Surabaya.

Cak Ji membandingkan kasus miras maut di Vasa Hotel dengan kejadian Mirna Sianida di Jakarta. Dia menekankan bahwa kejadian ini serupa dengan insiden Mirna Sianida, bahkan Mitra saat ini masih mengalami kesulitan.

“Padahal kejadian itu di tempat mereka, belum (pihak) yang datangkan band, mereka yang mendatangkan hiburan disana, kan seharusnya mereka yang bertanggungjawab, jangan mentang-mentang dia pengusaha besar lalu gak mau tau tentang kejadian seperti ini,” tegas Cak Ji.

Wakil Wali Kota Surabaya bersama instansi terkait berencana melakukan inspeksi mendadak di Vasa Hotel. “Ini yang harus kita tegakkan keadilan ini, makanya kita sama dengan pengacaranya, nanti kita ada meninjau kesana, insyaallah dalam minggu depan akan sidak,” ujar Cak Ji.

Cak Ji menegaskan bahwa setelah inspeksi mendadak, pihaknya akan memberikan sanksi kepada Vasa Hotel.

“Pastinya setelah kita sidak kita akan melihat, kita akan ngajak dinas terkait, sehingga kita akan tepat untuk menentukan sanksi yang akan kita terapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Mitra enggan memberikan wawancara dan menyatakan bahwa dia sepenuhnya menyerahkan hal ini kepada kuasa hukumnya. “Ke pengacara aja ya mas,” ujar Mitra.

Saat ini, Mitra masih dalam tahap pemulihan, mengalami kesulitan berdiri lama dan penglihatan kabur. “Ya masih berusaha pemulihan, yang parah mata sama kaki mas. Nggak bisa berdiri lama, pandangan mata kabur,” ungkapnya. Info/red


54
/ 100


Verified by MonsterInsights