24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sukseskan Angkutan Nataru 2023/24 Pekerja KAI Daop 8 Surabaya Jalani Tes Narkoba Secara Acak


61
/ 100


WhatsApp Image 2023 12 19 at 20.46.56 1

Surabaya – Dalam mempersiapkan SDM KAI yang kompeten, handal, serta bertanggungjawab, KAI Daop 8 Surabaya bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya melaksanakan kegiatan tes narkoba secara acak kepada jajaran Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) dan pekerja Operasional KAI Daop 8 Surabaya, pada Selasa (19/12).

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan Pemeriksaan tes narkoba ini dilaksanakan di ruang Argo Wilis Stasiun Surabaya Gubeng yang diikuti 50 pekerja baik itu ASP yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Kondektur, Teknisi Kereta Api, Polsuska, dan para pekerja pada bagian operasional. Selain itu, pemeriksaan narkoba ini juga dilakukan secara acak ke lokasi-lokasi di wilayah Daop 8 Surabaya. Semisal di pintu perlintasan KA, UPT perawatan prasarana KA serta stasiun.

KAI Daop 8 Surabaya bersama BNN Kota Surabaya melakukan cek Narkotika secara acak kepada pekerja KAI diantaranya ASP dan juga bagian operasional perjalanan kereta api lainnya. “Dengan dilakukannya pemeriksaan tes narkoba ini, dapat meyakinkan bahwa petugas yang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani pelanggan secara langsung, dan perjalanan KA berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman bagi para pelanggan KAI,” kata Luqman.

Pemeriksaan tes narkoba dilakukan diluar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas. Hal ini dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan KA kepada para pelanggan KA, utamanya untuk menyambut Angkutan Nataru 2023/24.

“Pemeriksaan lebih dalam akan dilakukan apabila terdapat petugas yang dinyatakan positif pada pemeriksaan ini,” tambahnya.

Pemeriksaan ini dilakukan secara rahasia tidak ada pemberitahuan sebelumnya juga secara acak kepada pekerja. Dalam tes narkoba ini, BNN menggunakan alat tes urine dengan 6 parameter untuk mengetahui kandungan Amphetamine (AMP), Morphine/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Cocaine (COC) Methamphetamine (MET) dan Benzoidazepine (BZD).

“Kegiatan ini dilakukan guna memastikan lingkungan PT KAI khsusunya para pekerja yang bertugas sebagai ASP dalam kondisi yang sehat dan baik, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat terlarang (NAPZA), dan juga Hal ini juga dalam rangka penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan Daop 8 Surabaya,” pungkas Luqman. Info/red


61
/ 100


Verified by MonsterInsights