23 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

PT KAI Kembali Gelar Pekan Olahraga Kereta Api

Surabaya – PT KAI Kembali menggelar Pekan Olahraga Kereta Api yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari tanggal 31 Juli s/d 4 Agustus 2023. Event rutin 2 tahunan ini, sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19. Pagelaran Porka terakhir dilaksanakan di Bandung pada tahun 2018.

“Kegiatan Porka 2023 dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai budaya AKHLAK, menjalin silaturahmi, menumbuhkan rasa kebersamaan dan sportivitas, serta mengasah bakat pekerja di bidang olahraga di lingkungan KAI Group. Event Olahraga ini diikuti oleh 1.138 atlet dari 15 kontigen yang terdiri dari 9 daerah operasi (Daop) di Pulau Jawa, 4 Divisi Regional (Divre) di Sumatera, Kantor Pusat KAI dan 1 kontigen dari gabungan anak perusahaan KAI,” Kata Direktur Utama PT KAI – Didiek Hartantyo.

Kegiatan pertandingan olahraga yang mengusung tema ““Dengan Semangat Bersatu Menuju KAI Baru untuk Indonesia Maju“, mempertandingkan 8 Cabang Olah raga yang dipertandingkan , diantaranya : Bulu Tangkis, Bola Voli, Sepak Bola, Tenis Meja, Basket, Futsal, Tenis Lapangan dan E-Sport.

Dalam kata sambutan di upacara opening Porka (31/7), Didiek Hartantyo menjelaskan bahwa olahraga memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menginspirasi, menyatukan, dan menciptakan ikatan di antara pegawai KAI. Melalui olahraga, Pegwai KAI dapat mengeksplorasi batas kemampuan diri, menghormati perbedaan satu sama lain, dan mendorong semangat kerjasama serta persaudaraan.

KAI selalu berperan aktif dalam membantu perkembangan dunia olahraga nasional melalui bantuan CSR berupa bantuan alat – alat olahraga kepada masyarakat di sekitar jalur KA, serta melaksanakan program pemberian pembinaan bagi para atlet nasional yang berprestasi dalam bidang angkat besi dan atletik,

Pada acara seremonial Opening Porka 2023, selain menghadirkan parade para peserta atlet dari 8 cabang olahraga yang akan ikut berlomba, juga turut meramaikan performer dari Marching Band Locomotive sebagai marching band juara Grand Prix Marching Band (GPMB) tahun 2016 dan 2017. Seremonial ini ditutup dengan penampilan guest star dari Band Kotak.

“Pada setiap cabang olahraga ditetapkan Juara I, Juara II, Juara III, dan Juara Umum. Setiap juara akan menerima piala, sertifikat dan uang pembinaan, serta piala bergilir untuk juara umum,” Tutup Didiek Hartantyo. Info/red