18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

PT KAI Commuter Tawarkan kartu Multi Trip

Surabaya – KAI Commuter melakukan evaluasi pelayanan GAPEKA 2023 untuk pelayanan yang lebih baik. Berdasarkan evaluasi, perubahan pola operasi perjalanan Dhoho dan Penataran akan dilakukan. PT KAI Commuter menawarkan kartu multi trip untuk transportasi antarmoda di Jawa Timur. Rabu (12/7/2023) pagi.

Pada konferensi pers di Stasiun Gubeng Surabaya, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan bahwa ada 3 hal yang akan dikaji dalam studi mereka, yaitu integrasi pembayaran, layanan, dan fisiknya seperti halte dan stasiun.

“Bahwa implementasi e-ticketing mungkin akan menjadi hal yang bisa dilakukan dengan cepat, sehingga KAI Commuter dapat menawarkan produk mereka untuk mendukung pembayaran non-tunai di transportasi yang sudah diterapkan di beberapa provinsi.” ujarnya.

Anne berharap uji coba dilakukan di Jatim khususnya Trans Jatim pada bulan Agustus 2023. Kemudian, kartu multi trip dapat digunakan di Jawa Timur.

“Pakai kartu sama saat orang Yogyakarta ke sini, orang Jakarta ke Surabaya bisa juga pakai kartu yang sama di KRL, MRT, dan Trans Jatim,” ucapnya.

Penerapan tersebut mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik dengan mudah tanpa perlu memikirkan penggunaan kartu multi trip saat perjalanan dari Jakarta, Yogya, hingga Surabaya.

” Demikian mereka dapat nyaman menggunakan transportasi publik di segala tempat,” tambahnya

Dalam hal ini, Anne mengatakan bahwa integrasi antarmoda dengan Dinas Perhubungan dan pemerintah daerah sedang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kereta lokal di Jawa Timur sebanyak 40 ribu orang setiap hari.

” KAI Commuter berusaha menerapkan kartu yang sudah digunakan di Jabotabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur untuk pembayaran yang non-tunai terintegrasi dengan stasiun.” pungkasnya. Info/red