18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Presiden Jokowi: Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis 3 Bulan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan tarif gratis untuk penggunaan Kereta Cepat Jakarta Bandung akan berlaku selama tiga bulan. Hal ini disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir usai mengikuti penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023).

“Alhamdulillah presiden putuskan kemarin, kereta cepat tarifnya gratis selama tiga bulan. Lumayan lah bagus,” kata Erick Thohir.

Meski demikian, Erick tidak menjelaskan secara rinci gratis tiga bulan itu akan berlaku mulai kapan dan untuk siapa saja.

Informasi mengenai tarif gratis Kereta Cepat selama tiga bulan pertama kali dibocorkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam postingan di akun Twitter-nya, Jumat (23/6/2023).

“Gratis selama tiga bulan pertama untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sampai dengan Oktober,” tulis Ridwan Kamil.

Pada kesempatan lain, Ridwan Kamil menjelaskan pemerintah akan mempersiapkan mekanisme pembelian tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung.

“Nanti lagi ditentukan semuanya karena minatnya kan banyak. Sesuai arahan Presiden, kami akan mendahulukan (program tiket gratis, Red) masyarakat yang terdekat dengan jalur karena mereka yang terdampak tanahnya dan lain-lain. Nanti akan dibuat mekanisme teknisnya,” ujar Ridwan Kamil.

“Gratis selama tiga bulan pertama untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sampai dengan Oktober,” tulis Ridwan Kamil.

Pada kesempatan lain, Ridwan Kamil menjelaskan pemerintah akan mempersiapkan mekanisme pembelian tiket gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung. info/red