29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Politikus PDI Perjuangan Sebut Yang Dorong Gibran Jadi Cawapres Prabowo Tak Punya Etika


60
/ 100


Screenshot 20231015 205037 768x566 1

Jakarta – Politikus PDI Perjuangan sebut Yang Dorong Gibran Jadi Cawapres Prabowo Tak Punya Etika. Politikus PDIP Deddy Sitorus merespons sejumlah kelompok relawan yang mengutarakan dukungannya agar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi pendamping bacapres Prabowo Subianto. Deddy menilai dukungan relawan untuk Gibran itu kurang patut dilakukan dan tak punya etika.

“Gibran dilamar sesuai rakernasnya (Samawi) kan menjadi wakil presiden ya. Ini kalau menurut saya sih agak kurang patut, karena apa? Gibran sebagai manusia politik kan punya rumah. Seharuanya ke rumahnya dong, tapi kalau sebagai anak dilamar nikah, ya ke bapaknya,” kata Deddy dalam diskusi Total Politik di Warung WOW, Jakarta Selatan, Minggu (15/10/2023).

Deddy menilai dorongan itu justru malah akan menjebak keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam framing dinasti politik. Dia menyayangkan situasi itu karena Jokowi ditempatkan menjadi bulan-bulanan opini publik.

“Dan kami sebagai kader PDIP perjuangan tentu merasa sangat bersimpati dengan Pak Jokowi dengan situasi yang dihadapi. Tapi pada saat yang sama dan sangat mendasar Mahkamah Konstitusi kita kewibawaannya sedang coba dihancurkan,” ucap Deddy.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa gugatan soal usia capres-cawapres yang tengah bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini bukanlah ujian bagi partainya. Tetapi, kata dia, kepercayaan publik terhadap institusi negara yang sedang dipertaruhkan.

“Jadi ini bukan ujian bagi PDI Perjuangan, bukan ujian bagi Ganjar, karena apapun Ganjar dan PDI Perjuangan akan tetap berlayar. Ini yang sedang dipertaruhkan adalah kepercayaan publik terhadap institusi negara. Gimana MK ini benar-benar bisa menjadi katakanlah gerbang keadilan rakyat. Kewarasan publik itu sedang dipertaruhkan hari ini,” ujarnya.

Lebih jauh, Deddy menyebut partainya tak akan ambil pusing soal keramaian yang ada itu. Sebab, kata dia, PDIP akan fokus pada strategi pemenangan bacapres yang diusungnya yakni Ganjar Pranowo.

“Jadi bagi kami ini bukan masalah memenangkan Ganjar, karena Mas Ganjar punya segalanya. Punya keluarga yang harmonis, punya rekam jejak yg baik, rekam medis juga baik. Jadi dia punya segalanya yang saya kira kalau yang lain agak kurang,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, ramainya nama Gibran yang disandingkan dengan Prabowo tidak serta merta muncul begitu saja. Melainkan ada kelompok relawan yang mendorong Gibran agar bersedia untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

Salah satu kelompok relawan yang mengusulkan nama Gibran sebagai cawapres Prabowo yakni Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi). Samawi mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto dan berharap Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo di Pilpres 2024.

Prabowo yang hadir dalam acara yang digelar di Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10) itu menyebut akan menindaklanjuti usulan tersebut. Info/red


60
/ 100


Verified by MonsterInsights