24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pemkot Surabaya Ajak Anak-Anak Gemar Makan Ikan, Gelar Cipta Menu Olahan Ikan


54
/ 100


WhatsApp Image 2023 10 17 at 21.24.25

Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Ketua Tim Penggemar (TP) Rini Indriyani menggelar Lomba Cipta Menu Olahan Ikan dalam Rangka Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan (Gemarikan), di Halaman Kantor PKK Kota Surabaya, Selasa (17/10/2023). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kegemaran anak-anak Kota Pahlawan dalam mengkonsumsi olahan ikan untuk mencegah stunting.

Setelah melalui tahap penjurian, tibalah pengumuman pemenang Lomba Cipta Menu Olahan Ikan. Juara 1 diraih oleh Kecamatan Krembangan, Juara 2 diraih oleh Kecamatan Semampir, dan Juara 3 berhasil diraih oleh Kecamatan Gayungan. Sedangkan untuk juara harapan, berhasil diraih oleh Kecamatan Asemrowo, Kecamatan Kenjeran, dan Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan pelaksanaan Lomba Menu Cipta Olahan Ikan Tingkat Kota Surabaya tahun 2023 mengambil tema Cipta Menu Olahan Ikan dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan (Gemarikan), bertujuan mempromosikan bahan pangan lokal khususnya ikan untuk pemenuhan gizi keluarga dalam rangka mencegah stunting.

“Dan meningkatkan diversifikasi olahan pangan lokal, serta menginisiasi Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Nantinya resep menu akan kita bagikan di setiap RW, saat ini sedang kita siapkan resep menu tersebut dalam bentuk digital,” kata Antiek.

Antiek menjelaskan menu yang dilombakan terdiri dari menu utama makan siang dan menu kudapan. Menu makan siang terdiri dari makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah. Kemudian bahan baku utamanya adalah ikan kembung. Dengan kriteria penilaian lomba terdiri dari kreativitas, inovasi, penyajian, cita rasa, higienis, dan aman dikonsumsi.

“Gemar Makan Ikan ini sudah dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sejak tahun 2004, yang tentunya menjadi model untuk mengkampanyekan pentingnya makan ikan sejak dini. Sebab, ikan memiliki gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan kecerdasan otak,” pungkasnya. Info/red


54
/ 100


Verified by MonsterInsights