18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pemkab Mojokerto Bakal Asuransikan Objek Wisata Pelat Merah

Mojokerto – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto bakal mengcover asuransi untuk destinasi wisata yang dikelola. Hal itu sebagai upaya menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Norman Handhito menjelaskan, untuk memberikan fasilitas terbaik kepada para pengunjung, pihaknya bakal menggandeng perusahaan asuransi. “Masih dalam proses dan kami sudah melakukan komunikasi secara intens dengan salah satu asuransi. Targetnya, semua objek wisata kita akan tercover asuransi,” terang Norman, Rabu (7/6/2023).

Pihaknya optimistis dalam waktu singkat kesepakatan itu akan direalisasikan ke sejumlah objek wisata pelat merah, karena sejauh ini pihaknya bersama perusahaan asuransi yang bakal digandeng sudah membuat komitmen yang nantinya bakal dituangkan dalam perjanjian kerja sama (PKS).

Norman mengatakan, beberapa objek wisata yang bakal dapat asuransi diantaranya, Ubalan Water Park, Coban Canggu, di Kecamatan Pacet, serta sejumlah objek wisata religi dan sejarah yang tersebar di Kecamatan Trowulan, Seperti Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Brahu, hingga makam Troloyo.

“Untuk wana wisata Jolotundo, Air Terjun Dlundung dan Air Panas Padusan sudah ada asuransinya. Untuk tahun ini target kita 100 persen objek wisata milik kita mendapat perlindungan asuransi, jadi sekarang kita fokus untuk beberapa wisata yang belum,” bebernya.

Pemda berharap dengan destinasi wisata yang terus dikembangkan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur. Apalagi, target pendapatan asli daerah (PAD) tahun ini cukup besar capai Rp 14,2 miliar.

“Dengan dengan asuransi ini akan menjamin dan memberi kepastian keamanan para wisatawan saat masuk ke kawasan wisata,” tandasnya. Info/red