17 April 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

PDI Perjuangan Daftar ke KPU sebagai Calon Peserta Pemilu 2024

10 / 100
pdip daftar kpu

Surabaya – Pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 telah dimulai hari ini, Senin (1/8/2022). PDIP menjadi partai politik pertama yang mendaftar ke gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Seperti pendaftaran untuk Pemilu 2017 lalu, PDIP menuju KPU diiringi dengan parade seni budaya.

Rombongan parade seni budaya PDIP mulai bergerak dari kantor DPP PDI Perjuangan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat dengan berjalan kaki sekitar pukul 07.30 WIB. Terlihat puluhan kader yang memakai seragam PDIP yang berwarna merah, lalu sejumlah kader yang mengenakan pakaian adat dari beberapa daerah di Indonesia.

Ada juga kader yang mengenakan pakaian hitam-hitam dengan topi baret merah membawa atribut berupa bendera PDI Perjuangan, bendera Merah Putih dan lambang negara Burung Garuda. Mereka berjalan diiringi dengan marching band yang melantunkan lagu-lagu daerah dan nasional.

Parade seni budaya ini dipimpin langsung oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. Juga terlihat Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi turut serta dalam rombongan pimpinan PDIP.

Tepat pukul 08.00 WIB, rombongan PDIP sampai di lobi KPU. Mereka diterima oleh Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno dan Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima.

Kemudian, Hasto dan Bambang menandatangani daftar hadir, mengisi buku tamu serta menekan tombol jam yang menandakan kehadiran PDIP di gedung KPU.

Setelah itu, Sekjen KPU Bernad mengalungkan kartu tanda masuk sebagai tamu dan kain tenun ikat Indonesia kepada Bambang Wuryanto. Sedangkan Eberta mengalungkan tanda masuk dan kain tenun ikat kepada Hasto Kristiyanto. Hal ini dilakukan sebagai tanda apresiasi dan ucapan selamat datang di KPU.

Seusai prosesi penyambutan selamat datang tersebut, Hasto dan Bambang beserta rombongan pimpinan PDIP masuk kedalam ruang sidang utama di lantai 2 gedung KPU untuk mengikuti prosesi pendaftaran.

Masuk di dalam ruangan, sudah terlihat Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyambut kedatangan PDIP. Kemudian diperdengarkan lagu mars PDIP. Kemudian prosesi pendaftaran dimulai dengan penyerahan berkas dokumen pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 dari Bambang Wuryanto kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Selanjutnya, Hasyim menyerahkan cinderamata kepada PDIP sebagai tanda berkas dokumen telah resmi diterima KPU. Kemudian, pimpinan PDI Perjuangan berfoto bersama dengan pimpinan KPU. Prosesi pendaftaran PDIP pun telah selesai.

Seperti diketahui, pendaftaran calon partai politik peserta pemilu akan dilakukan pada 1-14 Agustus 2022. Waktu pendaftaran pada 1-13 Agustus pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan pada 14 Agustus berlangsung pukul 08.00-23.59 WIB. Pendaftaran dapat dilakukan oleh pimpinan parpol ataupun perwakilan yang diberi kuasa. Nantinya, KPU akan merekapitulasi jumlah pengurus dan anggota partai.

Pada hari pertama pendaftaran, Senin (1/8/2022) terdapat 10 parpol yang akan mendaftar. Mereka yakni, PDIP, Partai Nasdem, PKS, PPP, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Persatuan Indonesia, Partai Rakyat Adil Makmur. info/red

10 / 100
Verified by MonsterInsights