23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pangeran William Akhirnya Angkat Bicara Kesehatan Sang Istri dan Raja Inggris


59
/ 100


Pangeran William

Surabaya – Pangeran William untuk kali pertama berbicara di hadapan publik, setelah ayahnya, Raja Inggris Charles III didiagnosa kanker. Ia mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan untuknya dan keluarganya.

“Terima kasih atas pesan dukungan yang baik untuk Catherine (Princess of Wales) dan ayah saya, terutama dalam beberapa hari terakhir,” kata William, dilansir dari BBC, Kamis, 8 Februari 2024.

“Ini sangat berarti bagi kita semua,” imbuhnya pada acara penggalangan dana amal untuk Air Ambulance London.

Bintang Hollywood Tom Cruise juga menjadi tamu, dan sang pangeran memintanya untuk tidak “meminjam” helikopter mana pun.

Pangeran William bercanda tentang peristiwa kembalinya tugas resmi ini, setelah berita tentang Keluarga Kerajaan didominasi oleh penyakit ayahnya dan kesembuhan istrinya Catherine dari operasi perut.

“Bisa dibilang adil untuk mengatakan beberapa minggu terakhir ini lebih fokus pada ‘medis’. Jadi saya pikir saya akan datang ke acara ambulans udara untuk menghindari semua itu!” kata sang pangeran.

Namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kemajuan kondisi Raja atau istrinya.

Sebagai mantan pilot ambulans udara, Pangeran William berbicara tentang perlunya helikopter baru untuk mendukung layanan darurat ini dan “perbedaan yang benar-benar dapat menyelamatkan nyawa”, dengan badan amal tersebut mengajukan permohonan untuk mengumpulkan 15 juta poundsterling.

“Jika Anda tidak keberatan untuk tidak meminjam salah satu helikopter baru untuk Mission Impossible berikutnya, itu akan sangat kami hargai,” kata Pangeran William.

“Kita semua telah melihat di layar kita bahwa, bagaimana saya mengatakannya, Anda tampaknya memiliki pandangan yang berbeda terhadap keausan normal dibandingkan kita semua,” katanya.

Sebelumnya pada hari itu, Pangeran Wales telah melaksanakan upacara penobatan di Kastil Windsor.

Di antara mereka yang mendapat penghargaan adalah John Broadfoot, pendiri SOS Kit Aid, yang badan amalnya mengirimkan perlengkapan olahraga bekas kepada orang-orang yang kurang beruntung di seluruh dunia.

Sang pangeran juga digambarkan sedang mengobrol dengan Ellen Convery, yang sebelumnya dikenal sebagai Ellen White, yang bermain lebih dari 100 pertandingan untuk tim sepak bola wanita Inggris.

Kembalinya Pangeran William ke tugas publik setelah absen selama tiga minggu yang dimulai setelah Catherine, Putri Wales, menjalani operasi.

Menurut sumber istana, Pangeran William selama ini fokus mendampingi istri dan anak-anaknya, namun kini ia melakukan aktivitas publik.

Raja akan terus menjalankan peran konstitusional formalnya sebagai kepala negara, namun ia akan mundur dari acara-acara publik selama ia menjalani perawatan, dan jenis kanker yang dideritanya tidak akan terungkap.

Dengan semangat menjalankan bisnis seperti biasa, pesan resmi dari Raja telah dipublikasikan pada hari Rabu di situs web Keluarga Kerajaan, yang pertama sejak pengumuman penyakit kanker yang dideritanya.

Ini adalah ucapan resmi kepada Grenada pada peringatan 50 tahun kemerdekaannya, yang tidak mengacu pada kesehatan Raja.

Audiensi reguler antara Raja dan perdana menteri akan terus dilakukan secara langsung, dan audiensi berikutnya dijadwalkan dalam waktu dua minggu. Sebelumnya ada “panggilan pribadi singkat” antara Rishi Sunak dan Raja melalui telepon pada Rabu.

Raja pergi ke Sandringham di Norfolk pada hari Selasa, setelah pertemuan singkat dengan putra bungsunya Pangeran Harry, yang telah melakukan perjalanan dari California untuk menemuinya.

Perjalanan Raja ke Istana Buckingham, untuk menaiki helikopter ke Sandringham, adalah pertama kalinya ia terlihat di depan umum sejak diagnosisnya diumumkan.

Ada laporan bahwa pertemuan antara Pangeran Harry dan Raja berlangsung kurang dari satu jam dan setelah suatu malam di London, Pangeran Harry terlihat di bandara Heathrow pada hari Rabu, diperkirakan akan kembali ke Amerika Serikat.

Tidak ada tanda-tanda rekonsiliasi dalam hubungan antara Pangeran Harry dan Pangeran William, setelah ketegangan yang dirinci dalam memoar Pangeran Harry, Spare.

Ketika Pangeran Harry tiba di London, sumber mengindikasikan tidak ada rencana pertemuan antara saudara-saudara. info/red


59
/ 100


Verified by MonsterInsights