24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

OJK Jatim Gelar JIFest 2023 di Royal Plasa Surabaya


63
/ 100


ojk
Logo OJK

Surabaya – Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional IV (OJK KR 4) Jawa Timur bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Timur menggelar Jatim Inclusion Festival (JIFest) 2023 di Atrium Royal Plaza Surabaya mulai 26 – 29  Oktober 2023 .

Ada sekitar 24 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang terlibat dengan membuka stan layanan kepada masyarakat.

Kepala OJK KR 4, Giri Tribroto, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya OJK dan LJK untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat.

“Hingga bulan Agustus 2023, OJK KR04 telah melaksanakan sebanyak 265 kegiatan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan dengan total sebanyak 47.819 peserta dari berbagai kalangan antara lain Pelajar/Santri, Pelaku Usaha/UMKM, Kelompok Disabilitas, Kelompok Perempuan, dan lain-lain,” jelas Giri.

Ditambahkan Giri,  OJK dan LJK berinisiatif untuk menyediakan program seperti Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (LAKUPANDAI) di mana telah terdapat total sebanyak 202.793 agen dengan transaksi tabungan basic saving account (bsa) sebesar Rp 103,41 miliar.

“Pogram Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dengan capaian sebanyak 8,08 juta rekening Simpanan Pelajar (SIMPEL) dan Tabungan Anak Lainnya dengan total nominal sebesar Rp3,86 triliun. Puncaknya di Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 ini, kami gelar edukasi dan sosialisasi, seperti talkshow & Workshop Keuangan, perlombaan-perlombaan dan lainnya,” papar  Giri saat  mendampingi Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan (PVML) OJK, Agusman meninjau STAN peserta Kamis (26/10/2023).

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan untuk memperingati BIK antara lain kegiatan edukasi, kemitraan, dan talkshow yang dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Kemudian, ada  talkshow di beberapa radio dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, workshop dan penyediaan akses keuangan bagi penyandang disabilitas, serta Puncak Kreasi Bangkit yang diadakan untuk pelajar tingkat SD-SMA.

JIFest sendiri dilaksanakan tanggal 26–29 Oktober 2023 di Royal Plaza. Banyak acara di dalamnya. Mulai dari talkshow & workshop industry jasa keuangan, lomba mewarnai anak, reels competition, lomba band, fashion show, pameran produk dan layanan lembaga jasa keuangan, sampai pameran produk UMKM binaan LJK di Jawa Timur

Kemudian ada  lomba Reels Keuangan Instagram & Lomba mewarnai anak, LJK Competition – Lomba Band & Lomba Fashion Show, Bazaar & Konsultasi Keuangan – Pameran produk keuangan & Showcase Produk UMKM binaan, dan Business Matching – Akses keuangan kepada Pelaku Usaha, UMKM Binaan, dan Masyarakat Umum.

Tampak hadir pula, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Timur Aftabuddin Rijaluzzaman dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Bandoe Widiarto. Info/red


63
/ 100


Verified by MonsterInsights