23 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Lucina Fuster Jadi Miss Grand International 2023

Surabaya – Lucina Fuster dari Peru resmi dinobatkan sebagai Miss Grand International 2023. Dalam acara yang digelar di Stadion Indoor Phu Tho, Ho Chi Minh, Vietnam pada Rabu (25/10) itu, Fuster berhasil mengalahkan 68 kandidat lainnya dari berbagai penjuru dunia.

Fuster menjadi wanita Peru kedua yang merebut gelar Miss Grand International. Sebelumnya, Maria Jose Lora juga mendapatkan mahkota yang sama pada 2017.

Melansir Philippine Star Life, dalam sesi tanya jawab, Fuster sempat diberi pertanyaan soal perang yang tengah terjadi antara Israel dan militan Palestina Hamas. Ia ditanya soal pemimpin mana dari dua negara yang bakal diajak bicara untuk memperbaiki situasi.

Bagi Fuster, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah orang pertama yang akan diajak bertemu dan berbicara. Menurutnya, Israel harus bisa mengurus negaranya sendiri karena tak ada satu orang pun yang berhak terluka.

“Jadi jika kita tidak berubah pikiran, jika kita tidak mengubah perilaku kita, kita tidak akan pernah bisa menjadi masyarakat yang baik. Jadi tolong bebaskan para sandera, terima kasih,” kata Fuster menjawab pertanyaan tersebut.

Fuster menerima mahkota dari Isabella Menin, pemegang titel Miss Grand International 2022.

Selain menobatkan Fuster, malam final kontes kecantikan ini juga memberi penghargaan kepada finalis lain.

Salah satunya adalah perwakilan Indonesia Ritassya Wellgreat. Dalam ajang itu, Ritassya mendapatkan penghargaan Golden Grand Award.

Selain itu, ada juga penghargaan Country’s Power of the Year 2023 yang jatuh pada Ni Ni Lin Eian dari Myanmar. Ada pula kostum terbaik yang dimenangkan oleh Yayoi Machida (Jepang), Boma Nokubo (Nigeria), dan Le Hoang Phuong (Vietnam). Info/red