29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Mega Avocado Khas Ngawi Hadir di Rakernas IV PDI Perjuangan


54
/ 100


IMG 20230930 WA0035 copy 696x433

Jakarta – Buah alpukat varietas Mega Avocado berjajar diantara rak buah, stan pameran Kabupaten Ngawi. Buah alpukat itu tengah dipamerkan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan, yang berlangsung di Jakarta pada 29 September – 1 Oktober 2023.

Mega Avocado dikenal sebagai varietas alpukat asli Ngawi. Saat ini, Mega Avocado banyak dibudidayakan masyarakat.

Buah Mega Avocado memiliki bentuk yang membulat agak lonjong. Diameter buah ini termasuk besar. Dikala mentah, Mega Avocado memiliki warna kulit dominan hijau. Namun ketika masak, akan muncul semburat warna kemerahan, hingga merah merona.

Ketua DPC Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko mengatakan, buah-buah yang dipamerkan merupakan produk unggulan di Kabupaten Ngawi. Dia berharap dengan mengikuti pameran, bisa memperluas pemasaran produk unggulan masyarakat Ngawi tersebut.

“Rakernas IV PDI Perjuangan ini diikuti peserta skala nasional. Dengan memamerkan produk unggulan Ngawi, seperti Mega Avocado diharapkan mampu memperluas marketingnya,” kata Mas Antok sapaanya.

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi menggandeng start up pertanian Bakul Bibit.id, yang merupakan asli daerah. Selain buah Mega Avocado, berbagai macam buah, seperti mangga, pisang, hingga bibit tanaman juga ikut dipamerkan.

Rakernas IV PDI Perjuangan mengusung tema Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat. Bagi Mas Antok, tema tersebut sejalan dengan arah kebijakan di pemerintah Kabupaten Ngawi, dengan pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan. Pun demikian, Ngawi saat ini juga salah satu daerah lumbung pangan di Indonesia.

“Berdaulat atas pangan, yang berarti memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya secara mandiri dan berkelanjutan, sehingga rakyat dapat hidup sejahtera,” papar Wakil Bupati Ngawi tersebut.

Perwakilan Bakul Bibit.id, Adit menerangkan Mega Avocado merupakan varietas buah alpukat asli Kabupaten Ngawi. Alpukat jenis ini, dikembangkan dengan sistem pertanian yang ramah lingkungan.

“Mega Avocado ini baik untuk kesehatan. Termasuk jenis alpukat besar. Beratnya bisa mencapai 2 kilogram,” kata Adit saat dikonfirmasi melalui pesan WA.

Seperti diterangkan di atas, Mega Avocado memiliki kulit merah merona ketika masak. Selain itu, Mega Avocado juga telah lolos pelepasan varietas buah.

“Kalau masak warna kulit menjadi merah merona. Mega Avocado juga telah lolos pelepasan varietas buah,” paparnya. Info/red


54
/ 100


Verified by MonsterInsights