23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

ITTelkom Surabaya Dorong Inovasi Pendidikan Matematika Melalui Pelatihan Software MathCAD


55
/ 100


ITTelkom pelatihan

Surabaya – Menyadari kompleksitas pembelajaran matematika di tingkat SMA dan pentingnya penguasaan teknologi di era digital saat ini, Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) bersinergi dengan Komunitas Belajar Matematika Guru SMA se-Kabupaten Gresik untuk menghadirkan solusi inovatif. Pelatihan intensif dengan fokus pada penggunaan software MathCAD telah sukses dilaksanakan, menempatkan pendidikan matematika di jalur modern.

Tergabung dalam tim pengabdian masyarakat ITTelkom Surabaya yang beranggotakan Abduh Sayid Albana, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D (Dosen prodi Teknik Logistik), Granita Hajar, S.T., M.T. (Dosen prodi Teknik Logistik), Desira Nur R., S.T., M.Sc. (Dosen prodi Teknik Logistik), Riris Ainur R (Mahasiswa prodi Teknik Logistik), Herdiana F (Mahasiswa prodi Teknik Logistik), Yasmine Mela (Mahasiswa prodi Teknik Industri), dan Pingkan A. (Mahasiwa prodi Teknik Industri)

Abduh Sayid Albana selaku ketua pelaksana disela pelatihan menjelaskan, “Matematika sebagai salah satu mata pelajaran kunci, seringkali menimbulkan tantangan bagi peserta didik. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan keterampilan guru matematika tingkat SMA, ITTelkom Surabaya berkomitmen membantu dengan memberikan pelatihan yang relevan dan mendukung.”

MathCAD, software andalan dalam verifikasi, validasi, dan perhitungan matematika, menjadi fokus utama pelatihan. Pelaksanaan pelatihan yang berlangsung di SMA 1 Driyorejo Gresik ini, berhasil menarik perhatian 26 guru dari 15 SMA di wilayah Kabupaten Gresik.

Pelatihan diberikan dalam empat modul, mencakup tingkat dasar hingga tingkat lanjut. Keunggulan MathCAD, dengan kemampuan pengeditan langsung dari notasi matematika dan perhitungan otomatis, memberikan pendekatan yang inovatif dan praktis dalam memahami perhitungan matematika kompleks. Selain itu, software ini juga mendukung konsistensi unit-unit teknik seperti Sistem Satuan Internasional (SI) dan perhitungan sistem aljabar.

“Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru matematika tingkat SMA, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk memperkuat dasar pendidikan matematika, yang menjadi landasan penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan di jenjang pendidikan tinggi.” imbuh Abduh.

Dengan antusiasme peserta yang tinggi, pelatihan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di wilayah Kabupaten Gresik. ITTelkom Surabaya berkomitmen untuk terus mendukung inovasi dalam pendidikan, membawa perubahan positif, dan menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global di masa depan.

Kegiatan pengabdian masyarakat sendiri sering kali dilakukan oleh civitas akademika ITTelkom Surabaya secara rutin sebagai bagian mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sementara itu, saat ini ITTelkom Surabaya tengah melakukan restrukturasi menjadi Telkom University. Hal ini nantinya akan berdampak pada peningkatan akreditasi, fasilitas, kurikulum yang disesuaikan, identitas yang lebih terpadu, serta fasilitas olahraga dan ruang kuliah yang diperluas, mahasiswa akan merasakan manfaat jangka panjang dalam persiapan mereka untuk masa depan yang penuh peluang. info/red


55
/ 100


Verified by MonsterInsights