24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Inovasi Baru dalam Mengungkap Intrik Penipuan Digital: “The White Swindler”


60
/ 100


WhatsApp Image 2023 12 06 at 09.10.27

Surabaya – Di tengah maraknya penipuan digital, hadir sebuah inovasi menarik yakni “The White Swindler,” sebuah serial komik interaktif di platform web, telah lahir sebagai panggung untuk mengungkap berbagai intrik penipuan digital yang merajalela di Indonesia. Dengan cerdas, situs ini tidak hanya menyajikan hiburan semata, melainkan juga memberikan informasi otentik dan pendidikan kepada masyarakat.

Cerita utama yang diusung oleh “The White Swindler” secara cerdas menggambarkan berbagai jenis penipuan yang melibatkan jebakan .apk, manipulasi WhatsApp yang canggih, hingga skema ATM. Setiap episode didasarkan pada kisah nyata dari korban penipuan, memberikan sentuhan otentik yang mendalam.

Dengan tata letak dan konsep yang mirip dengan platform Wattpad dan Webtoon, “The White Swindler” menawarkan pengalaman membaca yang menyajikan daya tarik visual dan naratif. Serial ini tidak hanya menghibur, tetapi juga membawa pembaca langsung ke dalam dunia penipuan digital yang kompleks.

Dibalik layar, adalah juga kerja keras Tim Pengabdian Masyarakat dari Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) tidak hanya menciptakan sebuah website, tetapi juga merintis komunitas interaktif dalam memerangi kejahatan online.

Beranggotakan Mochamad Nizar Palefi Ma’ady, S.Kom., M.IM., M.Kom. (dosen program studi SIstem Indormasi), Purnama Anaking, S.Kom., M.Kom. (dosen program studi Sistem Informasi), Rosyid Abdillah, S.Si., M.Kom. (dosen program studi Sistem informasi), Muhammad Zidan Darmawan (mahasiswa program studi Sistem Informas), Vanisa Nurindah Sari (mahasiswa program studi Sistem Informas), Aisyah Nabila Zahra (mahasiswa program studi Sistem Informas), Muhammad Fachrudin (mahasiswa program studi Sistem Informasi). Melalui pengembangan berkelanjutan, “The White Swindler” bertujuan untuk menjadi lebih dari sekadar sumber daya utama. Situs ini diharapkan menjadi tempat interaksi yang menginspirasi bagi mereka yang ingin melindungi diri dari penipuan digital di masa depan.

Pada tanggal 25 November 2023, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkolaborasi dengan ITTelkom Surabaya menyelenggarakan webinar informatif mengenai penipuan digital. Para pembicara, termasuk Muhajir Sulthonul Aziz dari Relawan TIK, membahas berbagai bentuk penipuan digital, memberikan wawasan berharga serta strategi antisipasi dan penanganan. Sementara itu, Alfina Ayu Puspitasari mengulas langkah-langkah penanganan penipuan digital dan pengembangan situs web edukatif, sejalan dengan visi “The White Swindler” dalam memberikan pemahaman lebih luas.

Diskusi mengenai peran komunitas WhatsApp sebagai alat penyuluhan dan informasi penipuan menambah dimensi sosial pada upaya pencegahan, “Webinar ini tidak hanya menjadi platform penyampaian informasi, tetapi juga langkah nyata dalam mengatasi ancaman penipuan digital yang semakin kompleks.” Jelas Nasrullah selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat ini.

“Melalui kemitraan dengan para ahli dan pemanfaatan teknologi, Relawan TIK dan ITTelkom Surabaya telah menciptakan ruang yang sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menjaga keamanan digital mereka.” Imbuhnya.

Inisiatif seperti “The White Swindler” dan webinar ini perlu mendapat dukungan dan apresiasi sebagai langkah preventif menuju masyarakat yang lebih cerdas dan waspada di dunia digital. The White Swindler telah menjadi langkah konkret dalam membuka mata masyarakat terhadap risiko penipuan digital dan menegaskan komitmen dalam menciptakan dunia maya yang lebih aman dan terpercaya. info/red


60
/ 100


Verified by MonsterInsights