23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ganjar Pranowo: Pemerintah harus Jamin Kebebasan Beribadah dan Pendirian Rumah Ibadah


54
/ 100


20231125 172518 56

Surabaya – Ganjar Pranowo, Capres nomor urut 3 secara tegas mengatakan bahwa pemerintah harus menjaga kebebasan beragama serta pendirian rumah ibadah.

Karena, dua hal tersebut sudah sesuai dengan konstitusi. Hal itu disampaikannya saat bersilaturahmi ke sejumlah wilayah, di Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023).

Hari ini, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu bersafari di wilayah Tana Toraja, Toraja Utara dan Luwu. Selain warga, Ganjar menemui sejumlah tokoh agama setempat.

Menurut Ganjar, pemerintah harus bisa menjalankan dan menjaga kebebasan beragama serta beribadah. Sebab, hal itu telah diatur dalam konstitusi.

“Karena konstitusi kita menjamin mestinya negera melalui pemerintah harus bisa menjalankan itu,” ujarnya.

Persoalan-persoalan yang masih membutuhkan solusi, lanjut Ganjar bisa dikomunikasikan lewat forum kerukunan antar umat beragama (FKUB).

“Dan itu bisa dikomunikasikan dengan forum antar umat beragama. Sehingga dialognya semakin banyak dan rasa-rasanya menjalankan konstitusinya tidak akan sulit. Ya memang butuh saling tukar perasaan,” terangnya.

Sikap toleransi itu, juga ditunjukkan Ganjar dan sejumlah tokoh agama di Toraja Utara. Misalnya saat Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu menjalankan salat dhuhur di Kantor Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja. “Tadi saya diberi sajadah dan kopiah saat mau salat di sana,” pungkas Ganjar. Info/red


54
/ 100


Verified by MonsterInsights