23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Dirut Garuda Indonesia Usul Agar Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Dinaikkan


62
/ 100


Garuda Indonesia
Garuda Indonesia

Surabaya – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) buka suara dengan adanya usulan dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA) terkait penghapusan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa jika TBA dinaikkan maka akan memberikan manfaat bagi maskapai maupun pelanggan. Dengan hal ini, dari sisi maskapai akan meningkatkan pelayanan kepada seluruh pelanggan.

“Serahkan ke mekanisme pasar, kalau kita naikkan kan kita mesti balikin dengan pelayanan yang lebih bagus, ketepatan waktu, dan segala macam kan,” kata dia saat ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta Kamis (16/11/2023).

Irfan menyebutkan bahwa jika memang usulan penghapusan TBA sulit direalisasikan karena hanya perlu mengubah undang-undang yang berlaku. Maka TBA yang ada saat ini bisa dinaikkan dan diserahkan ke mekanisme pasar.

“Kalau TBA nggak bisa dibilang ya kasih roof (batasan atas) yang tinggi aja, bukan dihilangkan, dikasih roof yang tinggi aja gitu kan. Kalau misalkan sekarang TBA-nya Rp1 juta, kasih roof aja Rp5 juta. Kita juga kan gak mungkin jual Rp6 juta kan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, terkait kekhawatiran jika TBA dinaikkan akan memberatkan pelanggan lantaran maskapai dapat menetapkan harga yang tinggi. Tetapi irfan menegaskan akan mematuhi aturan yang ada dan tarif tersebut juga akan disesuaikan dengan tingkat layanannya.

“Misalnya harganya sekarang Rp1 juta, dibebaskan, terus kita jual Rp5 juta, enggak. Bukan tipe kita kok. Kita kan yang penting adalah bahwa kita bisa menjanjikan service dengan sebaik-baiknya, kita pastikan penerbangan itu aman, kita untung,” katanya. info/red


62
/ 100


Verified by MonsterInsights