23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Bank Indonesia Apresiasi Langkah KBS Aktifkan Transaksi Menggunakan QRIS


60
/ 100


Pengunjung Meningkat Terus KBS Aktifkan Transaksi Menggunakan QRIS 768x346 1

Surabaya – Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan pemakaian sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS. hal ini terlihat dilakukan oleh kantor perwakilan BI (KPwBI) Jatim di Kebun Binatang Surabaya (KBS) hari ini, Jumat (17/11)

Bekerjasama dengan PD Taman Satwa Surabaya dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), kegiatan ini mengambil tema   “Jatim QRIS Adventure and Experience (JARE)” menggelar promo cuma Rp. 78,- masuk KBS menggunakan QRIS, 17-19 November 2023.

Selain Chairul Anwar, Direktur Utama PD Taman Satwa KBS, hadir dalam pembukaan tersebut, Perwakilan KPwBI Jatim Bandoe Widiarto (Deputi KPw BI Jatim), Nasirwan (Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan I OJK Regional IV), Setyarta (Regional CEO Bank Rakyat Indonesia) serta perwakilan dari Pemkot Surabaya Agus Imam Sonhaji (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya).

Dirut PD Taman Satwa Chairul Anwar, mengapresiasi langkah Bank Indonesia bersama BRI yang ikut berperan memajukan KBS dalam hal fasilitasi transaksi keuangan digital.

” Ini awal kerjasama BRI dengan Kebun binatang Surabaya, kami merasa QRIS merupakan sebuah kebutuhan zaman yang sudah tak terelakan, Allmdulilah perkembanganya KBS sekarang untuk kegiatan Cashless didalam hal pembelian tiket semakin meningkat,” Chairul Anwar,

Walaupun kami dengan susah payah mengedukasi, utamanya masyarakat dari daerah yang kesini membawa Hp Jadul tetapi secara masif kita tetap lakukan terus edukasi

“Sekarang prosentasinya pengunjung sudah meningkat terus untuk pembelian lewat QRIS. sekarang, di Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah mencapai 60%, dari total pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Surabaya.” jelasnya

Dan ini, kita akan teruskan sampai seterusnya betul betul bahwa KBS merupakan salah satu lembaga konservasi dengan konsep Modern zoo

“Kita juga mengikuti zamannya, kita lakukan seluruh investasi pengembangan dalam tiga kategori sukses, dulu hanya sukses konservasi Sekarang sudah ada sukses edukasi dan rekreasi,” beber Chairul Anwar.

Mewakili Kepala KPwBI Jatim, Bandoe Widiarto memuji Chairul Anwar yang telah berhasil menjadikan KBS maju seperti saat ini.

Tahun Kemarin, sudah 2 juta pengunjung di kebun binatang surabaya, mudah mudahan bisa lebih,” ungkap Bandoe Widiarto

Kita bersama-sama mengikuti kegiatan Jatim QRIS Adventure and Experience (JARE) untuk meningkatkan digitalisasi pembayaran serta merayakan Hut Pemprov Jatim ke 78.

“Dengan adanya QRIS diharapkan sistem pembayaran berjalan dengan sehat dan lebih kompetitif, ” ungkap Bandoe Widiarto

Deputy kepala BI Jatim menjelaskan bahwa BI telah membangun sistem BI Fast yang operasionalnya 24 jam 7 hari  full dengan biaya transaksi yang murah.

“BI Fast disiapkan untuk transaksi retail yang murah, cepat tetapi aman, ‘” Ungkapnya.

QRIS sendiri, tahun ini ditarget 45juta pengguna dan sampai September kemarin sudah mencapai 42juta pengguna. “Ini menunjukkan bahwa QRIS sudah bisa diterima masyarakat, ” Ucap Bandoe Widiarto

Saat ini, baik transportasi, bansos maupun transaksi di Pemda di Jawa Timur prosentase transaksi digitalnya sudah tinggi.

Giat dimulai dengan Gowes di kebun binatang dan pembayaran tiket dengan QRIS. “Cepat, aman dan efisien,” imbuh Banoe Widiarto.

Sementara itu. Setyarta Regional CEO BRI menyatakan bahwa perbankan berpartisipasi dalam pembangunan serta pusat pertumbuhan ekonomi salah satunya Kebun Binatang Surabaya.

Setyarta menjelaskan bahwa digitalisasi transaksi pembayaran aman, terkontrol, dan hemat waktu. Contohnya, pada even-even besar, tiket puluhan ribu dapat terjual dalam waktu satu jam.

” Masih Setyarta Regional CEO BRI, BRI siap berkolaborasi dalam mengedukasi masyarakat dan mengefisiensikan transaksi untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.” pungkasnya. Info/red


60
/ 100


Verified by MonsterInsights