23 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Arsenal Juara Community Shield 2023

London – Arsenal berhasil merebut trofi Community Shield 2023. Setelah berimbang 1-1 di waktu normal, The Gunners menang adu penalti atas Manchester City.

Pada pertandingan yang digelar di Wembley, Minggu (6/8/2023) malam WIB, City memang mendominasi pertandingan sejak menit awal dengan penguasaan bola mencapai 80 persen.

Tapi, City kesulitan menembus pertahanan Arsenal. Absennya Kevin De Bruyne membuat pasokan bola ke lini serang City menjadi mandek sehingga Erling Haaland sulit menciptakan peluang.

Peluang pertama hadir dari City pada menit ke-15 lewat sepakan Rodri dari luar kotak penalti tapi masih melebar.

Arsenal membalas pada menit ke-25 saat Kai Havertz nyaris menciptakan gol andaikan Stefan Ortega tak menepis bola sepakan jarak dekat pemain Jerman itu. Gabriel Martinelli yang coba mencocor bola muntah gagal karena diadang bek.

Arsenal masih mendominasi permainan dan terus menekan pertahanan City lewat serangan yang didominasi Saka dari sisi kanan. Saka beberapa kali mampu melewati adangan Manuel Akanji di sisi kiri.

Mereka mendapat peluang lagi untuk menciptakan gol pada menit ke-40. Kali ini Saka menusuk dari sisi kiri pertahanan City sebelum memberikan umpan tarik yang disambut sepakan Haverzt yang dapat ditepis Ortega.

Sampai babak pertama berakhir, skor kacamata bertahan.

Babak kedua dimulai, City masih mendominasi penguasaan bola dan coba untuk menekan Arsenal sedari awal. Pada menit ke-52 korner Julian Alvarez menemui John Stones di kotak penalti dan bola ditanduk yang bisa ditepis Ramsdale.

Pertandingan berjalan 60 menit, City memasukkan Kevin De Bruyne dan Colin Palmer untuk menyegarkan permainan mereka. Haaland yang tidak tampil efektif ditarik keluar bersama Mateo Kovacic dan Jack Grealish.

Kebuntuan pecah juga pada menit ke-77 ketika City berhasil mencetak gol lewat Palmer. Dari serangan balik yang diawali Foden, bola diarahkan ke depan kotak penalti tapi gagal dihalau Kieran Tierney dengan baik.

Bola jatuh di kaki De Bruyne yang langsung mengoper kepada Palmer di sisi kanan kotak penalti. Pemain muda City itu melepaskan sepakan kaki kiri melengkung ke tiang jauh gawang Ramsdale.

City hampir bikin gol kedua pada menit ke-82 andaikan tandukan Rodri tak susah payah ditepis Ramsdale.

City tampaknya akan jadi pemenang sebelum Arsenal bisa menyamakan skor di menit ke-101! Dari situasi korner, pertahanan City tidak bisa membuang bola dan jatuh di kaki Saka yang mengopernya ke Leandro Trossard.

Trossard mengecoh satu pemain sebelum menembak yang membuat bola membentur Manuel Akanji dan berubah arah, sehingga Stefan Ortega tertipu. Skor 1-1 di waktu normal membuat laga dilanjutkan ke adu penalti.

Pada drama adu penalti, empat penendang Arsenal sukses menunaikan tugasnya. Sementara Kevin De Bruyne dan Rodri adalah yang gagal dari kubu Man City sehingga tim London Utara menang dengan skor 4-1.