23 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

XL Axiata Perkuat Ekosistem Green Smart City Berbasis IoT dan AI

Surabaya – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) dan X-CAMP terus mengembangkan layanan solusi digital dengan teknologi-teknologi terbaru yang mampu menjawab tantangan di masa kini dan ke depan. Seiring dengan terus menguatnya tren gerakan ramah lingkungan yang mengemuka di dunia industri secara global, XLABS juga berupaya mengembangkan solusi-solusi digital yang juga bisa mendorong penerapan prinsip ramah lingkungan bagi berbagai sektor industri di Indonesia.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, menyambut seruan dari pemerintah dan berbagai kalangan di Indonesia, agar dunia industri turut serta mendukung upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas kehidupan masyarakat, XL Axiata juga terus berupaya mengekplorasi sumber daya dan kemampuan yang dimiliki untuk bisa menghadirkan solusi-solusi berbasis teknologi digital yang bisa menjawab tantangan di masa kini dan ke depan.

“Salah satunya, kami saat ini memiliki sejumlah solusi digital berbasis Artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Connectivity, yang telah menjadi satu ekosistem Green Smart City, ‘ ujar Gede seraya  menambahkan, solusi-solusi digital dalam ekosistem Green Smart City yang dihadirkan oleh XLABS tersebut sebelumnya sudah melewati masa inkubasi, dan di realisasikan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sustainability.

“Dan pada akhirnya ekosistem tersebut pun sudah bisa  dikomersialisasikan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industri berbagai sektor, juga untuk pemerintahan, bahkan dapat pula dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat luas. Konsep Green Smart City dibuat dengan mengembangkan layanan solusi digital yang menerapkan tren teknologi saat ini menuju Society 5.0, di mana teknologi tidak hanya berbicara tentang otomasi atau smart things, tetapi juga bagaimana dengan teknologi bisa mempengaruhi kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik, ” paparnya.

Dalam ekosistem Green Smart City yang dihadirkan oleh XL Axiata, solusi-solusi berbasis IoT dan AI yang tersedia antara lain: HydroponiX
Solusi ini ditujukan untuk pertanian hidroponik, yang mampu menyediakan kegunaan berupa sistem monitoring, auto feeding nutrisi, serta pemantauan suhu lingkungan tempat budidaya.

X-Maggot, Solusi ini untuk budidaya maggot, yang memiliki sejumlah fitur, seperti pemantauan lingkungan dan kontrol suhu atau kelembaban di lokasi peternakan Black Soldier Fly (BSF).

Temptrax, Solusi untuk memantau suhu lingkungan pada industri berbasis cold chain agar suhu tetap sesuai dengan kondisi yang diinginkan, dilengkapi dengan dashboard monitoring (hingga minus 55 derajat celcius).

X-Shrimp, Solusi monitoring budidaya berbasis aquaculture (udang vaname) menggunakan sensor pH, DO (Oksigen Terlarut), suhu, dan salinitas. Sistem secara otomatis akan mengirimkan laporan kualitas air kolam secara realtime kepada smartphone pemilik/ teknisi kolam.

Poultrex, Solusi untuk peternakan ayam pintar, yang dilengkapi dengan berbagai sensor dan aktuator untuk memudahkan peternak dan pengusaha ayam dalam operasi pemeliharaan kendang.

X-Bright, Solusi untuk memantau dan mengontrol kondisi penerangan jalan umum dan juga pengelolaan aset bagi PJU pemerintah daerah/kota. Solusi ini secara tidak langsung dapat mengurangi emisi CO2, mengurangi konsumsi listik, dan memiliki fitur untuk proses pemeliharaan yang simple dan efisien.

Pick A Park,  Solusi berbasis AI untuk mengetahui jumlah kendaraan dan statistik penggunaan lahan parkir. Solusi ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara, mengingkatkan efisiensi waktu, dan menurunkan konsumsi listrik.

X-Site,  Solusi untuk pemantauan suhu udara di dalam ruangan penyimpanan perangkat BTS dengan mengontrol secara otomatis alat pendingin (AC) sesuai batas standar. Solusi ini dapat mengurangi biaya listrik Menara BTS hingga 40%.

Xinergis, Solusi digital untuk efisiensi energi di Industri. Berbagai jenis sensor dipasang untuk memantau data pemakaian daya listrik, tegangan/arus listrik, debit air, dan bahan bakar genset.

Hellomet, Solusi AI untuk pemantauan tempat kerja yang bertujuan mengurangi risiko kecelakaan kerja dan menerapkan sistem peringatan otomatis.

Smart Cluster, Solusi IoT untuk mengurangi resiko keamanan dan keselamatan. Solusi ini bertujuan untuk mengatasi dan mitigasi resiko sekaligus meningkatkan keamanan di lingkup cluster.

Smart Desk, Solusi IoT yang dilengkapi sensor pemantauan kantor yang menyediakan data secara real time tentang suhu ruangan, kelembaban, intensitas cahaya, dan tingkat suara yang dapat dipantau langsung melalui dashboard.

Fleetech, Solusi IoT untuk manajemen armada transportasi. Solusi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional melalui analisis perilaku pengemudi dan pemanfaatan armada untuk penghematan biaya.

Flood management system, Solusi IoT yang secara otomatis mengidentifikasi dan mendistribusikan informasi terkait banjir dan memprediksi potensi banjir.

Eye-Catching, Sistem Deteksi Kerumunan Kamera AI. Solusi IoT untuk mengelola rencana kapasitas dengan data statistik yang andal, hemat biaya dan efisien.

XLABS memiliki portfolio dan pengalaman panjang dalam implementasi solusi digital di berbagai sektor. Selain penguasaan teknologi, XLABS juga selalu melakukan riset terkait solusi-solusi yang inovatif melalui laboratorium IoT X-CAMP yang telah tersertifikasi GSMA serta memiliki tim sumber daya manusia yang unggul dalam mengelola layanan solusi digital bagi para pelanggan korporasi.

Penandatanganan Kerja Sama Realisasi Green Smart City
Guna mengembangkan dan memperkuat lebih lanjut ekosistem Green Smart City berbasis teknologi IoT, XLABS berkolaborasi dengan X-CAMP menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra strategis.

Dalam acara bertajuk “Unveiling XL IoT Ecosystem Lounge: Innovate, Elevate, and Integrate”, dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan kerja sama antara XL Axiata dengan Institut Teknologi Bandung, IBM, PT Cahaya Mutiara Sentosa, PT Maggot Indonesia Lestari dan PT Xekar. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Director Smart Cities and Communities Innovation Center ITB, Prof. Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. Business Development Executive - IBM, Donny Gunawan, CEO PT. Cahaya Mutiara Sentosa, Edward Halim, CEO PT. Maggot Indonesia Lestari, Markus Susanto dan CEO PT. Xekar, Ria Putri Sekarwidati di Jakarta pada Jumat (8/12).

Dengan keahlian, sumberdaya, dan pengalaman yang ada, XLABS sebagai mitra ICT dengan penyedia layanan ICT yang terintegrasi terpercaya siap sepenuhnya mendukung akselerasi transformasi digital Indonesia. Dalam implementasinya, XLABS telah bekerja sama dengan beberapa industri yang telah menggunakan solusi digital hasil kolaborasi dengan X-Camp dan XL Future Leaders, di antaranya:

Solusi IoT X-Maggot oleh PT Maggot Indonesia Lestari,  PT Magalarva Sayana Indonesia, PT Java Protein Indonesia Solusi IoT HydroponiX dan Xinergis, oleh PT Cahaya Mutiara Sentosa, Serua Farm,  Urban Living Farm Solusi IoT Temptrax dan Fleetech oleh PT Wirantono Baru dan PT Bimasakti Utama Solusi IoT X-Bright oleh Diskominfo Tasikmalaya.

Dari sisi pengalaman, XLABS telah membantu sejumlah pemerintah kota/kabupaten dalam upaya digitalisasi di daerah masing-masing. XLABS telah mendukung implementasi teknologi digital di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna menangani masalah banjir melalui program Jakarta Smart City.

Pada proyek ini, XL Axiata menerapkan “IoT Flood Monitoring” guna memantau tingkat ketinggian air di sejumlah titik utama yang mempengaruhi potensi terjadinya banjir. Teknologi ini memberikan manfaat berupa sensor sungai yang real time dengan sistem pemantauan, konektivitas yang andal, smartcity dashboard, serta big data dan analitik.

Selain itu, XLABS juga telah membantu Pemerintah Kota Bengkulu dalam merintis program smartcity. Di kota ini, telah berhasil diterapkan antara lain penerangan jalan umum yang menerapkan IoT.

Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya. Di Bengkulu juga, telah diterapkan solusi “IoT Thermal Imaging” untuk mengukur suhu tubuh guna ditempatkan di perkantoran.
Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran guna mencegah penularan penyakit berbahaya. Info/red