23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

TETO Surabaya Rayakan 112 Tahun Hari Nasional Republic of China Taiwan


56
/ 100


IMG 20231007 WA0000 800x445 1

Surabaya – Isaac C. Chiu, Director General Taipei Economic and Trade Office in Surabaya menyelenggarakan Hari Nasional Republic of China (Taiwan) ke-112 di Hotel JW Marriott Surabaya, 6 Oktober 2023.

Perayaan tersebut dihadiri kurang lebih 400 orang dari berbagai kalangan di Jawa Timur, Bali, Sulawesi, dan masyarakat overseas compatriots. Sepanjang acara diisi dengan lagu dan tarian tradisional Indonesia.

Director General Isaac C. Chiu menyampaikan Taiwan terletak di posisi penting di kawasan Indo-Pasifik dan rangkaian pulau pertama di Pasifik Barat.

Daya saing Taiwan menempati peringkat ke-6 di dunia, dan kebebasan ekonominya menempati peringkat ke-4 di dunia.

92% chip kelas atas di dunia diproduksi di Taiwan. Perusahaan TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited) juga telah meluncurkan penelitian dan pengembangan chip 2 nanometer tercanggih di dunia di Taiwan. Teknologi pintar dan industri IC Taiwan, menempati posisi kunci di dunia.

“Taiwan dan Indonesia telah memiliki hubungan bilateral yang sangat erat sejak lama. Volume perdagangan bilateral meningkat dari US$7 miliar pada tahun 2016 menjadi US$13,1 miliar pada tahun 2022, dan pertukaran sumber daya manusia semakin sering terjadi,” jelasnya.

Terdapat lebih dari 350.000 Warga Negara Indonesia yang tinggal di Taiwan, termasuk diantaranya 17.000 pelajar, dan 30.000 orang yang menikah dengan orang Taiwan dan menjadi penduduk baru Taiwan.

Menurut data dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, terdapat 120 pabrik atau perusahaan Taiwan di Jawa Timur.

Taiwan International Ports Corporation beserta 3 perusahaan pelayaran besar yakni Evergreen, Yang Ming dan Wan Hai ini juga menempatkan perwakilannya di Pelabuhan Surabaya.

Isaac C. Chiu berharap hubungan Taiwan dan Indonesia bagian Timur semakin erat. “Terus memperkuat kerja sama dan pembangunan bersama dengan kawasan Indonesia Timur, dan menjadi mitra yang sangat diperlukan bagi satu sama lain untuk mencapai kemajuan bersama,” harapnya.

Dr. H. Emil Elestianto Dardak, Pelaksana Tugas Gubernur Provinsi Jawa Timur, mengatakan hubungan bilateral Taiwan dan Jawa Timur akan terus diperdalam di berbagai bidang.

Hal ini sangat dirasakan pula oleh puluhan dosen Universitas Airlangga Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, yang hadir dalam acara ini, yang sebelumnya pernah belajar di Taiwan.

Mereka setelah meraih gelar profesor di bidang teknologi, kesehatan, dan ilmu sosial, lalu kembali ke kampung halamannya di Jawa Timur, menjabat sebagai dosen universitas dan sebagai wakil rektor di beberapa universitas.

Komunitas “Alumni Taiwan” di Jawa Timur yang mempertemukan ratusan pelajar berbakat Indonesia, selain memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih Taiwan, juga berfungsi sebagai jembatan pertukaran budaya antara Taiwan dan Indonesia.

Memberikan efek khusus diplomasi publik dan menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia. Sehingga membuat semakin banyak orang Indonesia melihat dan memahami Taiwan, demikian sebaliknya.

Hadir dalam acara Walikota Makassar Bp. Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto yang juga menyampaikan pidato mengucapkan selamat.

Kepala BP3MI Jawa Timur Ibu Titis Tri Wulandari, S.Psi., M.M, menyampaikan pekerja Indonesia yang bekerja di Taiwan sangat banyak dan dilindungi pemerintah di sana.

“Kami berharap hubungan Indonesia dan Taiwan terus terjaga,” harap Titis.

Titis mengungkapkan tercatat sampai Agustus, pekerja migran Indonesia di Taiwan sebanyak 278.865 orang. Sedangkan untuk Jawa Timur sebanyak 63.846 orang yang bekerja di Taiwan.

Selanjutnya, Director General Isaac C. Chiu bersama para tamu memotong kue ulang tahun berukuran satu meter persegi. Kue pun dibagikan kepada para tamu yang hadir.

Semua yang hadir mendoakan Taiwan dan Indonesia makin sejahtera, maju, dan persahabatan kedua negara selalu abadi. Info/red


56
/ 100


Verified by MonsterInsights