24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Siti Atiqoh Lesehan Bareng Warga Trenggalek, Belajar Bikin Besek


60
/ 100


20231218 194253 20

Trenggalwk – Ibu-ibu warga Trenggalek heboh, ketika Siti Atiqoh Supriyanti tiba di Desa Winong, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Senin (18/12/2023). Mereka, telah memadati sepanjang jalan Winong untuk menyambut kedatangan istri Capres 2024 Ganjar Pranowo itu.

Tiba tepat pukul 16.00 WIB, Aqikoh disambut Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (mas Ipin) dan istrinya, Novita Hardini. Keduanya, langsung mengajak Atiqoh menemui warga yang sedang membuat besek.

“Bu ibu, nih yang dari tadi sudah nungguin, ibu kita sudah datang, bu Atiqoh Ganjar,” ucap mas Ipin, disambut tepukan tangan ibu-ibu.

Usai dikenalkan, mas Ipin lantas membawa Aqikoh bertemu pengrajin besek. Kemudian, Atiqoh mengiyakan saat mas Ipin dan Novita kompak menawarinya belajar membuat besek bersama ibu-ibu Winong.

Atiqoh, pun langsung duduk lesehan beralaskan tikar bersama ibu-ibu lainnya. Di tengah-tengah mereka, terdapat tumpukan bambu yang siap dianyam. Ibu-ibu pun dengan sabar menuntun Atiqoh menganyam.

Dalam kesempatan itu, Atiqoh mensosialisasikan program Kartu Sakti yakni Satu Kartu Terpadu Indonesia. Program ini, mengusung sistem Satu Data Indonesia. Sehingga ke depan, bantuan-bantuan pemerintah dapat diakses cukup dengan E-KTP.

“Jadi besok insyaAllah nggak ada cerita yang butuh malah gak dapat, yang harusnya gak dapat malah menerima manfaat,” ucap Atiqoh, disambut tepukan tangan ibu-ibu.

Atiqoh, senang dengan pemberdayaan perempuan yang diterapkan di Winong. Ia berharap, pelatihan dan pembinaan untuk berwirausaha dapat terus dilakukan. Sehingga selain berdaya, perempuan bisa mandiri dan tidak lagi berkeinginan kerja ke luar negeri.

“Harapannya juga mereka bisa dilindungi. Kalau selama ini memang masih agak kurang. Mereka semuanya masih struggle sendiri. Di sini (Trenggalek) bagus sekali pemberdayaan perempuannya, apalagi terbukti menurunkan signifikan perempuan jadi TKI,” tandasnya. Info/red


60
/ 100


Verified by MonsterInsights