29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sajian Makanan Cepat Saji Ala Crown Prince Hotel Surabaya


53
/ 100


WhatsApp Image 2023 10 09 at 17.41.51

Surabaya – Junk food atau makanan cepat saji menjadi momok menakutkan untuk banyak orang; “ya memang sekarang ndak terasa, tapi besok-besok itu loh, mas!” seperti itu ucap Ibu yang tidak sengaja saya (red: public relations Crown Prince Hotel Surabaya Hotel) temui dan kebetulan mengantre bersama di salah satu tempat makan cepat saji tengah kota Surabaya sekitaran awal bulan September lalu. Ibu 2 orang anak itu singkat menjelaskan kalau anak-anaknya gemar sekali mengkonsumsi olahan junk food dan kurang mau untuk makan sayur. Pahit!, kata anaknya waktu saya tanya kenapa tidak suka sayur.

Memang sudah banyak sekali olahan cepat saji yang diolah sedemikian rupa untuk menjadi makanan ‘sehat’, namun sedikit terbesit oleh saya; apa iya makanan yang sehat kata orang itu yang modelnya ‘arus selalu identik dengan hijaunya sayur, merahnya tomat?, sepertinya itu hanya lapar mata, bukan lapar nutrisi!.

Veggie Burger, menu keluaran baru dari Crown Prince Hotel Surabaya Hotel ikut memeriahkan pasar kuliner. Patty dari burger yang diolah sedemikian rupa untuk mendapatkan tekstur serta rasa smoky layaknya olahan daging yang digunakan pada burger umumnya. Dengan komposisi sayur, olahan saus OG, bun, serta veggie patty (jamur dan sayur pelengkap lain) cukup meyakinkan untuk bisa menipu lidah kalau ini olahan plant based.

Menu olahan lain juga melengkapi hadirnya Veggie Burger ini, seperti cheesy beef burger dengan icon rotinya yang berwarna hitam dari charcoal (red: arang), dominasi tender dan tebalnya beef patty ditumpuk dengan keju leleh kemudian crispy chicken burger dengan icon warna roti yang berbeda pula, kali ini warnanya merah, diambil dari buah naga sebagai pewarna garing diluar dan moist/juicy didalamnya.

Rekayasa dilakukan seiring perkembangan dunia F&B (food & beverage) yang cepat dan masif serta besarnya permintaan pasar akan inovasi makanan yang enak, nyeleneh, mudah untuk di remake menjadi dorongan banyak pelaku F&B mengolah ragam rekayasa makanan, salah satunya Burger Vegetarian.

Pengunjung hotel dengan latar belakang yang berbeda menjadi salah satu dorongan  Crown Prince Hotel Surabaya Hotel untuk ngikutin trend dengan remake olahan makanan sehat/plant based tapi memiliki rasa layaknya makanan orisinilnya.

‘Memang kesannya ditipu saat menjajal Veggie Burger ini’ impresi pertama Didik Irwanto selaku manager F&B Crown Prince Hotel Surabaya saat melakukan R&D (resource and development) lalu (03/09) bersama team-nya. Tak berselang lama dari proses seleksi produk, varian burger dengan Veggie Burger yang menjadi ‘bintangnya‘ ini sudah naik di papan pamflet produk Crown Prince Hotel Surabaya Hotel hingga saat ini.

Sepeti Berna (31), seorang warga Surabaya yang memilih Crown Prince Hotel Surabaya sebagai lokasi staycation-nya pada (05/09), suatu kebetulan bisa berbincang dengannya di lobby hotel saat menonton live cooking. Berna seorang penyiar radio di kota Malang, yang sampai sekarang saya juga tidak diberi tahu dimana dia siaran, yang pasti dia memiliki pendengar setia yang gig (red: gemar/semi fanatik) di bidang musik. Adapun sedikit obrolan saat melahap burger varian hijau Crown Prince Hotel Surabaya tak jauh dari pengalaman kecilnya saat susah makan sayur. Pernah digorengin ayam tepung sama ibu, la kok udah abis baru dibilangin kalau itu brokoli ditepungin, hehe!, ujarnya. info/red


53
/ 100


Verified by MonsterInsights