22 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Royal Regantris Kuta Gelar Upacara Bendera Bareng Bule Berpakaian Adat

Bali —- Momen 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia menjadi saat dimana seluruh masyarakat Indonesia merayakan dengan berbagai cara kreatif yang masih sejalan dengan bentuk perjuangan masa lalu. Tidak hanya lomba lomba dari kalangan anak hingga dewasa, upacara kemerdekaan yang tidak hanya digelar oleh pusat pemerintahan namun juga berbagai institusi swasta-pun ikut mengadakan upacara kemerdekaan.

Seperti yang terjadi di Bali, salah satu hotel bintang empat diarea Kuta yakni Royal Regantris Kuta setiap tahun selalu menyelenggarakan upacara kemerdekaan. “Memang dari pihak Corporate kami yakni Royal Regantris Hospitality yang berpusat di Surabaya setiap tahun selalu memberikan mandatory untuk mengadakan upacara bendera dengan dress code thematic yang berbeda, kali ini dengan pakaian adat daerah”. Ungkap General Manager Royal Regantris Kuta yang biasa dipanggil dengan pak Tude ini.

Terlihat memang seperti upacara pada umumnya, namun jika melihat peserta upacara ada yang berbeda disini. Yakni pesertanya WNA asing dari berbagai negara dengan menggunakan pakaian adat Bali. Para WNA ini mengikuti dengan khidmat rangkaian upacara yang diselenggarakan.

“Kami senang sekali bisa diberi kesempatan mengikuti upacara hari kemerdekaan ini, dengan pakaian yang sangat unik dengan budaya Bali. Kami merasa sangat luar biasa karena bisa ikut menghormati dan menghargai perjuangan sebuah negara. Tidak semua warga asing di Bali buruk. Semoga dengan adanya kami bisa memberi contoh warga asing lainnya untuk bisa menghargai budaya negara lain yang mereka kunjungi khususnya Bali”. Papar Steve salah satu Warga Australia yang mengikuti upacara di Royal Regantris Kuta, Bali.

Selain menggelar upacara kemerdekaan tentunya Royal Regantris Kuta akan mengajak para WNA ini untuk mengikuti lomba khas 17 Agustus yang biasa digelar hampir diseluruh pelosok negeri. Tentunya menjadi pengalaman baru, positif dan seru untuk WNA yang ikut serta. Inilah salah satu cara Royal Regantris Kuta mewujudkan Bhineka Tunggal Ika dan mengajak para WNA untuk bisa menghargai adat istiadat dan budaya Indonesia yang sangat beragam. Info/red