23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pesan Perdamaian dalam Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya


57
/ 100


Natal nasional

Surabaya – Perayaan Natal Nasional 2023 membawa pesan perdamaian bagi seluruh umat Kristen dan Katolik di Indonesia yang diselenggarakan di Graha Bethany Nginden, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023).

Presiden RI Joko Widodo hadir dan memberikan sambutan di hadapan jemaat gereja terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa dengan perayaan Natal nasional ini, Indonesia ingin memberikan contoh pada dunia bahwa keberagaman adalah hukum alam yang tidak terhindarkan.

Namun pilihan untuk hidup rukun dan penuh kasih sayang adalah pilihan terbaik yang diajarkan Tuhan YME, yang harus terus diperjuangkan dan ditumbuhsuburkan di kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Indonesia merupakan negara beruntung karena mampu menjaga toleransi di tengah keberagaman dan kemajemukan. Indonesia juga mampu menjaga persatuan di tengah kebhinekaan berkat adanya Pancasila, ujar Presiden.

Demikian dengan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Kristiani untuk dapat menginspirasi dan mewujudkan pesan damai dan semangat Natal kepada semua masyarakat dalam satu dengan yang lain.

Sementara itu, dalam konferensi pers Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan perdamaian di tengah keberagaman itu tampak dalam kerja sama berbagai kementerian, lembaga maupun umat beragama dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Perayaan Natal Nasional 2023.

Selaku Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2023, Menteri Budi Arie menjelaskan dalam rangkaian acara digelar doa bersama yang dibawakan Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Gultom dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Anton Subianto.

“Kami tidak menjadikan Perayaan Natal Nasional ini sebagai panggung politik. Warna pakaian seragam panitia pun tidak mewakili partai politik. Ini adalah Perayaan Natal Nasional bagi umat nasrani se-Indonesia. Semoga damai kasih sukacita Natal dapat senantiasa menyinari kita semua,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Umum Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom; para Menteri Kabinet Indonesia Maju; Kapolri Listyo Sigit Prabowo; Panglima TNI Agus Subiyanto; Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa; Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi; para tokoh agama; serta para jemaat gereja Graha Bethany Nginden. info/red


57
/ 100


Verified by MonsterInsights