24 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Museum Kungfu Wonosobo Jadi Satu Satunya Museum Kungfu di Indonesia


53
/ 100


Museum kungfu

Surabaya – Belum banyak masyarakat mengetahui di Indonesia ada Museum Kungfu yang memamerkan beragam alat beladiri dan cerita asal usul seni beladiri asal China.

Musem tersebut adalah “Museum Seni Beladiri Kungfu Wonosobo” berlokasi di Dusun Selonegoro RT 3 RW I, Desa Selokromo Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah dan menjadi Museum Kungfu satu satunya di Indonesia.

Museum Kungfu yang berdiri sejak tahun 2004 ini didirikan oleh seorang praktisi Kungfu sekaligus Shifu/Master/Satya Guru Odi Purwanto. Dikelola secara pribadi namun dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Menurut Shifu Odi Purwanto, museum ini didirikan sebagai bentuk apresiasi dan kecintaan terhadap ilmu seni beladiri. Dan pada tahun 2023, museum ini mulai dipopulerkan serta dikunjungi para pecinta seni beladiri berbagai cabang.

“Faktor yang mendorong didirikan museum ini adalah kecintaan saya terhadap seni beladiri yang sudah saya tekuni sejak kecil. Tujuannya, untuk mempopulerkan dan menggelorakan Seni Beladiri Kungfu di Indonesia,” kata Shifu Odi, Sabtu, (30/12/23).

“Serta, untuk menjalin persahabatan, persaudaraan dan persatuan antarsesama praktisi, guru, pelatih, dan atlet beladiri di tanah air,” sambungnya..

Untuk bangunan Museum Kungfu sendiri boleh dikatakan sangat unik, eksotik, artistik dan tradisional khas “Tempo Doeloe”. Karena, bangunan galeri tersebut dibangun pada tahun 1957.

“Bangunan ini merupakan rumah tertua yang berada di atas lahan wilayah Dusun Selonegoro, Desa Selokromo,” terangnya.

Sedangkan, seluruh koleksi di museum dikumpulkan secara bertahap oleh Shifu Odi Purwanto sejak tahun 2004. Ada empat kelompok dalam pajangan koleksi Museum Seni Beladiri Kungfu Wonosobo. Diantaranya, Kelompok A Aksesoris dan Jenis Senjata Seni Beladiri Kungfu (Senjata Panjang, Senjata Pendek, Senjata Lentur, Senjata Ganda). Semuanya memiliki Bermacam Kategori dengan jumlah lebih dari 300 senjata.

Baca Juga “Dapoer Ramadhan” Hotel Garden Palace Siap Manjakan lidah Pecinta Kuliner
Kelompok B berbagai Buku Seni Beladiri Kungfu termasuk buku dari Berbagai Gaya Seni Beladiri di luar Seni Beladiri Kungfu dan sistem tarung lainnya. Buku-buku koleksi ini berasal dari Indonesia, China, Jepang, dan Korea. Ditambah Buku Tenaga Dalam maupun Prana, dengan jumlah total lebih dari 900 buku.

Kelompok C berbagai video seni beladiri Kungfu dari Klasifikasi Edukasi, Hiburan, Tutorial dan Motivasional. Termasuk Video Seni Beladiri lainnya yang Non Seni Beladiri Kungfu, dengan jumlah lebih dari 900 video.

Sedangkna, Kelompok D berbagai Piala, Medali, Sertifikat, baik dari dalam maupun dari luar negeri, Plakat dan Dokumen Penting lainnya yang berhubungan dengan Seni Beladiri Kungfu. Termasuk Multi Seni Beladiri lainnya, dengan dokumen sejumlah 600 lebih.

Museum Seni Beladiri Kungfu Wonosobo ini merupakan bukti autentik perwujudan komitmen, dedikasi, prestasi, rasa cinta dan keseriusan dari Shifu Master Satya Guru Odi Purwanto dalam mempelajari multi beladiri. Khususnya dalam menekuni Seni Beladiri Kungfu.info/red


53
/ 100


Verified by MonsterInsights