13 June 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Mas Dhito Serahkan Penghargaan Empat Desa Terbaik di Kabupaten Kediri

Surabaya – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyerahkan penghargaan kepada empat desa terbaik. Desa tersebut pemenang lomba desa dan 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Kediri Tahun 2023.

Empat desa berprestasi itu antara lain Desa Doko meraih juara pertama, Desa Purwodadi juara kedua, Desa Tugu juara ketiga, dan juara harapan pertama diraih Desa Bedali.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito turut mendampingi bupati saat menyerahkan penghargaan tersebut.

Mas Dhito, sapaan Bupati Kediri menyampaikan, penghargaan yang diberikan itu merupakan bentuk apresiasi dari kegiatan monitoring yang dilakukan pemerintah daerah terhadap kegiatan di tingkat pemerintahan desa.

“Saya berharap semangat bapak ibu kepala desa itu semangat untuk pengabdian, semangat dalam bekerja,” tuturnya dalam acara yang digelar di lapangan Desa Doko. Agenda itu 343 kepala desa di Kabupaten Kediri, Rabu 23 Agustus 2023.

Menurut Mas Dhito, desa-desa lain yang belum menjadi pemenang, termasuk tiga desa yang memperoleh penghargaan harapan 1, juara 3, dan 2 diharapkan dapat belajar atas capaian yang diperoleh Desa Doko sebagai juara pertama.

“Semoga para pemenang bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,” pesan Mas Dhito.

Sebagaimana diketahui, Desa Bedali, Kecamatan Ngancar terpilih sebagai harapan pertama dinilai memiliki keunggulan dalam toleransi antar umat beragama dan dijadikan sebagai kampung Pancasila. Ada pula Posyandu ODGJ.

Desa Tugu Kecamatan Purwoasri sebagai juara ketiga dengan keunggulan dalam bidang administrasi pemerintahan desa, dan pemberdayaan UMKM desa.

Kemudian Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo sebagai juara kedua memiliki keunggulan di bidang pemerintahan desa, bidang pembangunan atau kesehatan, bidang pembinaan dan pemberdayaan dan bidang bencana darurat desa.

Adapun Desa Doko Kecamatan Ngasem sebagai juara pertama dengan keunggulan wisata olahraga, pasar online, kemudian program-program di bidang kesehatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono menyebut, penilaian desa terbaik itu dilakukan mulai bulan Februari 2023. Para pemenang, selain mendapatkan tropi dan piagam penghargaan juga menerima bantuan keuangan khusus (BKK).

Juara pertama mendapatkan BKK sebesar Rp100 juta, juara kedua mendapatkan Rp75 juta, dan juara ketiga mendapatkan Rp50 juta dan juara harapan pertama memperoleh Rp25 juta.

“Untuk juara pertama Desa Doko diikutkan di tingkat provinsi. Dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, Desa Doko sejauh ini masuk rangking enam,” tambahnya. Info/red