18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Liburan ke Sejumlah Negara Makin Mudah, Pembayaran Bisa Pakai QRIS Tak Perlu Tukar Mata Uang

Surabaya – Saat ini, QRIS antarnegara sudah bisa digunakan di Thailand, Malaysia dan Singapura. QRIS Jepang pun akan segera menyusul.

Berkat adanya kerja sama QRIS antarnegara, transaksi cukup pindai kode QR, tidak perlu lagi tukar mata uang, sehingga liburan makin mudah dan menyenangkan.

Bank Sentral dari empat negara ASEAN, yaitu Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT), sudah sepakat bekerjasama dalam mewujudkan dan mendukung pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Perluasan kerja sama ini juga dilakukan antara Bank Indonesia dengan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang melalui penandatanganan Nota Kerja Sama (NK) terkait Pembayaran Berbasis QR code.

Kerja sama pembayaran digital lintas negara ini menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) dan Japan Unified QR Code (JPQR).

QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara.

Dengan QRIS antarnegara, transaksi antarnegara tidak perlu lagi mengkonversi atau menukarkan mata uang lagi saat berbelanja di negara yang dikunjunginya, cukup dengan memindai kode QR.

Jadi, pembayaran atas transaksi yang dilakukan wisatawan asing di Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QRIS merchant Indonesia dengan menggunakan aplikasi pembayaran negaranya.

Sebaliknya, pembayaran atas transaksi wisatawan Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QR stan

dard negara yang dikunjunginya dengan menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia. Info/red