23 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Laksda TNI Yayan Sofiyan Resmi Jabat Pangkoarmada II

Surabaya – Jabatan Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) kini resmi dijabat oleh Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., menggantikan Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah. Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoarmada II dipimpin oleh Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI), Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, bertempat di Lapangan Arufu, Mako Koarmada RI. Rabu (9/8).

Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-39 tahun 1993. Sejak dilantik menjadi Letnan Dua berbagai jabatan telah diembannya, mulai dari Perwira Divisi KRI di berbagai jenis serta dipercaya menjadi Komandan KRI di jajaran Komando Armada Timur yang sekarang menjadi Komando Armada II.

Sedangkan untuk jabatan Perwira Tinggi dimulai ketika dipercaya mendapatkan pangkat Laksamana Pertama pada tahun 2019 sebagai Danguskamla Koarmada I dan Waasrena Kasal, serta ketika telah menjadi Laksamana Muda pada tahun 2022 sebagai Kaskoarmada RI dan Panglima Komando Lintas Laut Militer.

Pangkoarmada RI dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan proses yang saling berkesinambungan dalam hal pembinaan personel dan organisasi. Pergantian pejabat bertujuan untuk mendinamiskan lingkungan kerja yang terus bergerak adaptif, guna menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.

“Saya ucapkan selamat kepada Laksda TNI Yayan Sofiyan atas jabatan yang baru, saya yakin dengan latar belakang penugasan, pengalaman kerja dan bekal kompetensi, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, dan pada kesempatan ini pula, saya ucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Laksda TNI Maman Firmansyah, atas dedikasi dan karya nyata yang ditunjukkan selama mengemban tugas sebagai Pangkoarmada II,” ujarnya. Info/red