18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Jadi Sorotan Netizen, Berikut Sinopsis dan Kritik Serial HBO The Idol

Surabaya – The Idol menjadi sorotan netizen akhir-akhir ini. Selain melibatkan banyak selebriti terkenal mulai dari Abel Tesfaye (The Weeknd) hingga Jennie BLACKPINK, The Idol juga mencuri perhatian setelah diputar di Cannes Film Festival 2023.

Dua episode dari serial tersebut ditayangkan dalam festival film tahunan tersebut, yaitu Pop Tarts & Rat Tales dan Fantasy. The Idol adalah hasil kolaborasi antara The Weeknd dan pembuat serial Euphoria, Sam Levinson. Seiring mendekati tanggal perilisan, serial ini mengalami banyak perubahan setelah hengkangnya direktur kreatif, Amy Seimetz.

The Idol mengisahkan perjalanan seorang penyanyi pop bernama Jocelyn (Lily-Rose Depp). Ia terlibat dalam hubungan asmara yang rumit dengan seorang pemimpin sekte modern bernama Tedros (Abel Tesfaye).

Jocelyn sebenarnya adalah seorang idola pop dengan ambisi yang sangat besar. Namun, gangguan saraf yang ia derita memaksa dia untuk membatalkan tur dan menjalani pemulihan. Meskipun begitu, dia tak pernah berhenti berjuang untuk mendapatkan kembali gelar sebagai bintang pop paling menawan di Amerika Serikat. Itulah yang membuatnya terjerat dalam kisah cinta dengan.

Awalnya, segalanya terlihat indah. Namun, Jocelyn kemudian menyadari bahwa Tedros sebenarnya adalah seorang guru self-help dan juga ketua dari sekte misterius yang menyimpan banyak rahasia dalam kehidupannya. Keadaan ini membuat Jocelyn akhirnya ikut terlibat dalam sekte dan misteri yang Tedros jalani.

Namun, dalam perjalanan membangun kembali karier musiknya, Jocelyn bertemu dengan Dyanne (Jennie Ruby Jane), seorang penari cadangan. Mereka berbincang-bincang dan saling bertanya tentang nama sebuah klub malam, menambah keceriaan di antara mereka.

Kritik Seputar The Idol 

Tidak hanya kehadiran Jenny Kim yang disorot, ada beberapa hal yang diperbincangkan oleh khalayak banyak. bahkan sebagian muncul sebagai kontroversi. Nah, melansir Collider, salah satu jurnalis mereka, Lacson, mengungkapkan bahwa The Idol versi seperti terobsesi dengan unsur seks, dangkal, dan sulit untuk diprediksi, terutama pada dua episode pertamanya.

Selain itu, romansa yang muncul antara Tedros dan Jocelyn segera berubah menjadi fokus pada seksualitas, namun adegan-adegan tersebut seringkali terasa hambar.

Cosmopolitan menulis bahwa Rolling Stone mengkritik bahwa serial The Idol itu penuh kebohongan, menjijikkan dan serial yang tidak patut diproduksi.

Meskipun mendapat kritik setelah dirilis, The Idol dijadwalkan tayang di HBO mulai tanggal 4 Juni, dan episode berikutnya akan ditayangkan pada 11 Juni 2023. Info/red