29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

ITS Resmi Luncurkan Motor Listrik EVITS


55
/ 100


c1 20240123 07334569 800x445 1

Surabaya – Setelah memperkenalkan produksi perdananya ke masyarakat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi merilis sepeda motor listrik bertajuk Electric Vehicle ITS (EVITS).

Sebagai tahap awal, ITS meluncurkan EVITS TS-1 dalam soft launching yang bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS, Senin (22/1/24).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan bahwa EVITS TS-1 yang digadang-gadang siap bersaing di pasar otomotif nasional ini merupakan produk motor listrik yang didesain ergonomis dengan kemampuan akselerasi yang baik.

Lelaki yang kerap disapa Ashari mengungkapkan, produk ini adalah hasil kolaborasi ITS melalui PT ITS Tekno Sains dengan PT Panggung Electric Citrabuana.

Dalam penjelasannya, Ashari menjabarkan bahwa EVITS TS-1 dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam.

Lebih lanjut, Guru Besar Teknik Elektro ITS tersebut menjelaskan bahwa motor ini dilengkapi dengan dua baterai lithium berkapasitas 60 Volt 26 Ah.

“Kalau akselerasinya sendiri, untuk menempuh jarak 55 kilometer, akselerasinya membutuhkan tujuh sampai delapan detik,” paparnya di hadapan awak media dalam konferensi pers.

Sebagai kelanjutan inovasi dari GESITS yang merupakan motor listrik generasi pertama ITS, Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT menyampaikan bahwa EVITS ini telah berkembang dari berbagai lini.

Menurut lelaki yang kerap disapa Gunarta ini, sistem integrasi yang menjadi otak dari EVITS TS-1 juga lebih canggih. “Integrasi dari controller ke motor serta sistem manajemen baterainya jauh lebih baik,” klaimnya.

Lebih lanjut, Gunarta mengatakan, EVITS TS-1 memiliki tampilan yang lebih gagah dan sporty.

Dengan desain body yang lebih menarik, menurutnya, EVITS tipe pertama ini memiliki kualitas material yang lebih kokoh.

Selain itu, motor ini juga menggunakan ban langsung tanpa belt yang tidak menimbulkan suara bising yang mengganggu saat digunakan.

“Terbukti saat uji coba tadi, EVITS ini nyaman sekali saat dinaiki,” tuturnya usai melakukan uji kendara motor EVITS TS-1 ini.

Menyinggung terkait komitmen penggunaan elemen lokal dalam produksinya, Gunarta menginformasikan bahwa Total Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk ini diperhitungkan mencapai sekitar 60 persen.

Dengan capaian ini, Gunarta mengatakan bahwa ITS telah berupaya maksimal mendukung perkembangan teknologi dan inovasi dalam negeri. Gunarta menambahkan, pada tahap awal ini EVITS TS-1 telah diproduksi sebanyak 1.000 unit.

“Sebanyak 250 unit sudah sold out,” tegasnya.

Gunarta mengungkapkan bahwa EVITS akan terus dikembangkan dengan berbagai fitur yang disempurnakan.

Ke depannya, Gunarta membocorkan bahwa produk ini juga akan dikembangkan menjadi motor tiga roda, roda empat, hingga minibus. Terakhir, dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS ini berharap agar kehadiran EVITS dapat diterima oleh masyarakat luas.

“Tentunya bisa menjadi produk unggulan yang dampaknya dapat dirasakan oleh semua kalangan,” tandasnya optimistis. Info/red


55
/ 100


Verified by MonsterInsights