18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ikuti Korean Speech Contest 2023 di PCU, Inilah Aksinya

Surabaya,pustakalewi.com – King Sejong Institute (KSI) Surabaya ajak masyarakat kenal lebih jauh mengenai budaya Korea melalui kompetisi tahunan bertajuk Korean Speech Contest 2023.

KSI Surabaya yang berlokasi di PCU (Petra Christian Universuty) kembali menggelar Korean Speech Contest 2023. Ajang tahunan untuk memperkenalkan budaya Korea sekaligus menguji kemampuan para murid KSI ini digelar pada 3 Juni 2023 mulai pukul 19.00-21.00 WIB di Amphitheater Gedung Q lantai 2, kampus PCU Surabaya.

“Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa siswi KSI serta masyarakat umum agar dapat mengenal lebih jauh lagi tentang budaya Korea,” ungkap Direktur KSI Surabaya di PCU, Herwindy Maria Tedjaatmadja, S.S., MA-ELT.

Peserta lomba yang merupakan murid KSI ini dibagi menjadi dua kategori yaitu Beginner dan Intermediate. Tak main-main, ada dua tahapan seleksi. Tercatat total ada 31 peserta yang lolos tahap pertama yaitu berupa seleksi naskah dan video.

Kemudian 31 peserta ini disaring kembali pada tahap kedua dengan proses menampilkan isi pidatonya. Hasil saringan tahap kedua berhasil memperoleh 13 peserta dengan rincian tujuh orang.

Beginner dan enam orang Intermediate.
Mengangkat tema “Kota Korea yang saya kunjungi dan kota lainnya yang ingin saya perkenalkan”, para peserta ini diminta membuat jalinan kata dalam Bahasa Korea yang apik selama maksimal empat menit.

Ada lima kriteria penilaian yaitu keragaman, kefasihan, ketepatan, pengucapan serta interaksi. Pidato yang dibawakan peserta akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Park Eun Young, Cho Hyo Jin dan Park Kyeong Jae.

Tak hanya lomba pidato saja, acara ini juga akan dimeriahkan dengan Talchum atau talnori (탈춤;탈놀이). Sebuah pertunjukan tradisional Korea dari beberapa orang yang mengenakan topeng dan kostum untuk memainkan sebuah lakon melalui sebuah penampilan tarian, dialog dan lagu. Penampilan apik ini merupakan persembahan Unit K-Pop Dance Infinity.

Usaha keras para peserta dalam Korean Speech Contest 2023 kali ini untuk juara satu baik kategori Beginner maupun Intermediate akan mendapatkan acara Korean Culture Experience selama 10 hari di Korea. Info/red