29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Google Podcast akan Ditutup pada April 2024


62
/ 100


google
Logo Google

Surabaya – Google mengumumkan akan menutup aplikasi Google Podcasts pada September lalu. Namun, saat itu perusahaan belum mengumumkan kapan akan melakukannya. Kini, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup aplikasi Google Podcast pada April 2024.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari transisi perusahaan yang lebih luas untuk berinvestasi lebih banyak pada alat dan fitur podcast di YouTube Music. Langkah ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan penawaran podcast dan menyediakan satu tujuan untuk musik dan podcast.

Google Podcasts adalah upaya ketiga dari sekian banyak upaya Google untuk terjun ke dunia podcasting. Perusahaan sebelumnya meluncurkan Google Listen (2009-2012) dan Google Play Music Podcasts (2016-2020). Namun, aplikasi ini tidak menghasilkan banyak kejutan. Setelah Google Podcasts ditutup, Google menyarankan pengguna untuk bermigrasi ke YouTube Podcasts, produk keempat yang dirilis pada tahun 2022 atau YouTube Music.

Keputusan Google untuk menghentikan aplikasi Google Podcasts mendukung aplikasi podcasting keempatnya, YouTube Podcasts yang diluncurkan pada tahun 2022. Perusahaan ini telah meningkatkan kemampuan podcastnya, termasuk penghapusan podcast yang dapat diputar dari halaman hasil pencarian dan peluncuran fitur baru. Google berkomitmen untuk bersikap transparan dalam mengomunikasikan perubahan di masa depan kepada pengguna dan podcasternya.

Untuk memfasilitasi kelancaran transisi bagi pengguna, Google telah menguraikan rencana migrasi bagi mereka yang saat ini menggunakan aplikasi Google Podcasts. Pengguna memiliki waktu hingga April 2024 untuk terus menggunakan aplikasi. Bagi mereka yang ingin berpindah dari Google Podcasts ke YouTube Podcasts, Google telah menyediakan tombol sekali klik di music.youtube.com/transfer_podcasts.

Alat migrasi ini cukup sederhana karena merupakan solusi sekali klik. Selain itu, pengguna dapat mengekspor langganan Google Podcast mereka sebagai file OPML di podcasts.google.com dengan ekspor tersedia hingga Agustus 2024.

File OPML adalah format file acaranya yang ditentukan XML. Pengguna dapat mengunduh dan mengimpor file ke aplikasi yang mendukung format tersebut. Pengguna juga dapat menambahkan RSS podcast ke YouTube Music terlebih dahulu. Ini termasuk program yang saat ini tidak dihosting oleh YouTube.

Dilansir GizChina, Selasa (12/12/2023), penutupan aplikasi Google Podcast akan berdampak pada pengguna dan podcaster. Meskipun transisi ke YouTube Podcast bertujuan untuk memberikan pengalaman podcast yang lebih baik, hal ini mengharuskan pengguna untuk beradaptasi dengan platform baru.

Podcaster juga perlu mempertimbangkan dampak transisi ini terhadap jangkauan dan keterlibatan audiens mereka. Peningkatan investasi Google dalam pengalaman podcast di YouTube Music diharapkan menawarkan analisis yang lebih baik dan penemuan yang lebih baik bagi para podcaster. info/red


62
/ 100


Verified by MonsterInsights