29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ditjen Bimas Kristen Buka Pendaftaran Program Bantuan Penelitian Bagi Dosen PTKK


63
/ 100


67WhatsApp Image 2023 10 10 at 18.33.20 1

Surabaya – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen buka pendaftaran program bantuan penelitian bagi dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri/Swasta (PTKKN/PTKKS), di Indonesia.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil Rapat Koordinasi  Riset pada PTKKN secara daring, dipimpin oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Jeane Marie Tulung, diikuti oleh Direktur Pendidikan Kristen Sudirman Simanihuruk, Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Johni Tilaar, Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri, Ketua Implementing Unit Ditjen Bimas Kristen Achmad Syahid, Kasubdit Pendidikan Tinggi Salmon Pamantung, dan jajaran pelaksana pada Ditjen Bimas Kristen, Sabtu, (8/10/2023).

Dirjen mengatakan program bantuan penelitian merupakan kebijakan dan apresiasi Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Kristen untuk meningkatkan mutu penelitian dosen PTKKN dan PTKKS dengan mengedepankan prinsip-prinsip efektivitas dan kualitas riset yang handal.

“Berdasarkan evaluasi dan pantauan kami, skala publikasi ilmiah dosen-dosen  PTKKN dan PTKKS di tingkat nasional dan internasional perlu ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya,” jelas Dirjen

Lebih lanjut Dirjen mengatakan  ketersediaan anggaran penelitian pada Ditjen Bimas Kristen (Subdit Pendidikan Tinggi  dan PTKKN) perlu segera direalisasikan. “Kita sudah membicarakan program ini, dengan anggaran yang tersedia saya minta  kita saling berkoordinasi dengan tim Implementing Unit dan pihak perguruan tinggi terkait agar dimatangkan dan dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku,” ucap Dirjen.

Hal senada disampaikan Direktur Pendidikan Kristen Sudirman Simanihuruk,  “Kami  akan memfasilitasi terkait penganggaran dan semua dokumen yang dibutuhkan kita akan siapkan agar program ini berjalan dengan aman dan lancar,” Kata Direktur.

Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan riset ini.” Pada prinsipnya kami mendukung, saya usul kita perlu buat satu tema besar hasil riset yang menjadi khas Ditjen Bimas Kristen untuk disampaikan pada seminar di salah satu perguruan tinggi luar negeri yang bekerja sama dengan kita,” kata Prof. Yance, didukung para Rektor lainnya.

Program Bantuan penelitian Pada Tahun Anggaran 2023 ini terbagi ke dalam 4 skema jenis penelitian, yakni (1) Penelitian Pembinaan/Kapasitas, (2) Penelitian Dasar, (3) Penelitian Terapan dan (4) Penelitian Pengembangan.

Pendaftaran proposal penelitian dimulai hari ini, Selasa 10 Oktober s.d. 25 Oktober 2023, dikirim ke email risetbimaskristen@gmail.com. Syarat dan ketentuan dapat diunduh pada laman resmi Ditjen Bimas Kristen: www.bimaskristen.kemenag.go.id./Info Penting

Info/red


63
/ 100


Verified by MonsterInsights