13 June 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Bupati Jember Kenalkan Varietas Kopi Milo Robusta

Jember – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Jember menggelar Krida Fest 2023 dalam rangka merayakan Hari Krida Pertanian ke 51 tahun 2023.

Salah satu rangkaian acara Krida Fest memetik kopi merah di Desa Pace, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU. terjun langsung ke kebun milik H. Hasan warga Desa Pace, guna memetik kopi varietas milo robusta.

“Kopi milo robusta Desa Pace ini luar biasa, kali ini kita bersama-sama panen kopi yang selanjutnya akan digiling di Pabrik Penggilingan Sumberwadung PDP Kahyangan Jember,” tutur Bupati Hendy Siswanto.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy juga menggelar sarasehan bersama para petani kopi anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sukamaju Desa Pace untuk menyerap aspirasi para petani lokal.

Ada dua poin penting yang dikeluhkan para petani kopi kepada Bupati Jember Hendy Siswanto. Pertama, soal stabilitas harga jual kopi, kedua yaitu alat-alat pengolahan terbaru untuk perkebunan kopi.

Bupati Hendy pun langsung memerintahkan kepada Imam Sudarmaji selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Jember dan Sofyan Tsauri selaku Direktur PDP Kahyangan menjalin sinergi aktif dan menyediakan dukungan yang dibutuhkan para petani kopi di Pace tahun ini.

“Jika anggaran mencukupi, saya meminta Kepala Dinas untuk membeli peralatan yang diperlukan oleh petani kopi di Pace,” kata Bupati Hendy.

Sementara itu, Kadis TPHP Imam Sudarmaji berujar, peringatan Hari Krida Pertanian ke 51 di Jember dikemas dalam beberapa acara, mulai dari parade barista dan pameran produk pertanian yang berlokasi di Alun-Alun Jember.

“Khusus untuk di Pace, Bupati Hendy kami undang untuk petik kopi merah sekaligus memberikan secara simbolis bantuan bibit kopi sebanyak 200ribu bibit,” katanya.

Didampingi oleh Dandim 0824 Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, jajaran pimpinan PDP Kahyangan dan sejumlah OPD serta Anggota DPRD Jember, Bupati Hendy menyempatkan mencicipi kopi lanang yang disediakan oleh panitia.

“Kopi Jember rasanya gak kalah sama kopi-kopi internasional,” tegasnya.  info/red