18 July 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

BPS Mencatat Kunjungan Wisatawan China ke Indonesia Tembus 300 Persen

Logo Badan Pusat Statistik

Surabaya – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan asal China ke Indonesia melonjak 365 persen pada tahun 2023 mencapai 787,9 ribu kunjungan.

Data tersebut menunjukkan bahwa China termasuk diantara lima negara asal terbesar wisatawan asing.

Data BPS juga menunjukkan wisatawan China juga termasuk paling betah di Indonesia, terlihat dari rata-rata lama tinggal mencapai 35,2 malam, hanya lebih rendah dibandingkan Yaman 38,6 malam dan Rusia 46,7 malam.

Rata-rata kunjungan wisatawan China ke Indonesia sebanyak 65 ribu per bulan, dengan periode kunjungan tertinggi terutama pada paruh kedua tahun lalu.

Mayoritas wisatawan asal China masuk melalui Jakarta dan Bali masing-masing 320 ribu dan 278 ribu, sisanya melalui Kota Batam, Bintan, Surabaya dan Medan.

Sebaliknya, jumlah penduduk Indonesia yang berkunjung ke China sepanjang tahun lalu mencapai 221,6 ribu perjalanan, termasuk dalam 10 negara paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia.

Pemerintah Indonesia pada akhir tahun lalu memasukkan China ke dalam daftar 20 negara yang dipertimbangkan untuk memperoleh pembebasan visa demi meningkatkan kunjungan wisatawan. Jumlah wisatawan asing yang masuk ke Indonesia tahun lalu mencapai 11,7 juta kunjungan, meningkat 98 persen dibandingkan tahun sebelumnya. info/red