29 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

BPJAMSOSTEK Gresik Tingkatkan Layanan Kecelakaan Kerja Petugas Klinik


62
/ 100


bpjamsostekresik

BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Gresik telah mensosialisasikan Peraturan Bupati Nomer 20 Tahun 2022 kepada 95 perwakilan klinik se-Kabupaten Gresik. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait program, manfaat dan layanan BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaksana layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (klinik) di Gresik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr. Mukhibatul Khusnah MM M.Kes, dalam sambutan pembukaan acara ini mengatakan, seluruh peserta yang hadir, yakni para pemberi layanan kesehatan yang ada di klinik, hendaknya dapat melaksanakan dengan baik program layanan kecelakaan kerja pada pekerja formal maupun informal yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena, selama ini definisi kecelakaan kerja antara masyarakat dengan petugas itu beda. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini akan semakin jelas,” ujar Khusnah.

Selain itu, perwakilan klinik se-Gresik ini diharapkan dapat menyampaikan informasi ke jajarannya bahwa manfaat yang diperoleh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang kecelakaan kerja adalah pengobatan gratis sampai sembuh total.

Ditandaskan, peserta BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya pekerja yang bekerja di perusahaan, akan tetapi juga pekerja yang bekerja secara mandiri seperti petani, nelayan, pedagang dan lain sebagainya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, Bunyamin Najmi, dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya dibangun kerjasama yang baik antara BPJAMSOSTEK dan Dinas Kesehatan adalah untuk memastikan para pekerja mendapatkan pelayanan yang optimal.

“Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting bagi setiap pekerja, agar dalam melakukan aktivitas pekerjaan sudah merasa aman dan tenang bila terjadi risiko yang tidak diinginkan,” ungkap Bunyamin.

Bunyamin juga menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa program serta manfaat apa yang didapatkan dari setiap programnya. Program BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).info/red


62
/ 100


Verified by MonsterInsights