22 May 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

BI Jatim Dorong Penggunaan QRIS di Sektor Transportasi

Surabaya – KPwBI Provinsi Jawa Timur gencar mempromosikan QRIS pada perayaan HUT RI ke-78 dan HUT Bank Indonesia ke-70. QRIS diujicobakan pada sistem transaksi non tunai di sektor transportasi, sebagai bagian dari Pekan QRIS Nasional 2023.  bertempat di KPwBI Provinsi Jawa Timur, Kamis (17/8/23).

Ujicoba dilakukan dengan menempelkan stiker #ayonggaweQRIS pada Suroboyo Bus, Angkutan Feeder Surabaya WiraWiri Suroboyo, serta bus Trans Jatim Cetar

Kepala KPwBI Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi, menyampaikan bahwa Kegiatan hari ini merupakan bagian dari pelaksanaan rangkaian pekan QRIS nasional 2023 dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 78.

“Tujuannya adalah menerapkan penggunaan QRIS di Surabaya dan sekitarnya guna meningkatkan kepuasan dan efisiensi transaksi di sektor transportasi.” terang Doddy Zulverdi saat mencoba menggunakan QRIS dalam proses pembayaran transportasi umum.

Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan dinas perhubungan provinsi Jatim dan dinas perhubungan kota Surabaya untuk mendorong masyarakat menggunakan QRIS dalam pembayaran tarif transportasi di kota Surabaya.

” Harapan nanti masyarakat akan semakin terbiasa menggunakan uang non tunai dan transaksi menjadi lebih mudah. Penggunaan QRIS untuk transportasi umum di Surabaya masih perlu ditingkatkan.” ujarnya.

Di Jawa Timur, QRIS sudah banyak digunakan, namun pemahaman masih perlu ditingkatkan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Pada tanggal 19 Agustus, akan ada acara fun walk, pesta rakyat, dan program QRIS experience seharga Rp78, untuk masuk ke beberapa lokasi wisata.” terangnya.

Kami berusaha untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa penggunaan QRIS sangat mudah, aman, murah, dan efisien.

“Kami hanya melakukan transportasi untuk tanggal 17 Agustus ini, tapi harapannya QRIS bisa menjadi pemicu bagi masyarakat untuk mulai menggunakan QRIS karena sangat mudah,” tambahnya

Menurut Doddy, QRIS juga digunakan untuk parkir, bayar jalan tol, dan sektor lainnya. Namun, untuk transportasi di kota Surabaya, masih perlu ditingkatkan. Untuk wisata terbatas, kami dorong berbagi tempat wisata. Tiket/karcis harus dibayar menggunakan QRIS

” Di Surabaya, tidak ada masalah signifikan terkait infrastruktur telekomunikasi. Kendalanya adalah kurangnya pemahaman tentang kemudahan dan manfaat penggunaan QRIS.” ungkapnya

Kami berkerja sama dengan perbankan dan perusahaan layanan pembayaran non bank dengan memberikan insentif dan kemudahan, seperti mengintegrasikannya dengan mobile banking.

” Hal ini bertujuan agar nasabah dan konsumen lebih mengenal dan memanfaatkan layanan tersebut dengan mudah.” tutup Doddy Zulverdi. Info/red