23 February 2024

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ajakan Kreatif Universitas Ciputra untuk dukung Sustainable Development Goal dengan pembuatan Showcase


55
/ 100


IMG 20230928 WA0000

Surabaya – Menilik pentingnya mendukung Sustainable Development Goal (SDG), Dr. Ir. Liliana Dewi, M.M., CFP dosen International Business Management (IBM) Universitas Ciputra bersama tim menggagas cara edukasi civitas akademika dengan mengadakan lomba “Global Suistainovation Showcase”.

Cara mengdukasi yang kreatif dimana tiap kelompok diwajibkan untuk menyampaikan hasil explorasi dalam bentu Showcace. Lili menuturkan bahwa pembagian kelompok berdasarkan 12 negara yang merupakan International partner Universitas Ciputra seperti USA, Kolombia, Korea Selatan, UK, Australia, Filipina, Malaysia, Switzerland, India, Perancis, Thailand, dan China. “Lomba ini diikuti oleh seluruh department di UC. Jadi perkelompok terdiri dari perwakilan 2-3 departemen,” terang Lili.

“Hasil explorasi kelompok diwujudkan dengan showcase yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang yang memenuhi 3 R (Reuse Reduce Recycle).,” imbuhnya. Tiap tim diberkan waktu 1 minggu untuk melakukan explorasi dan pembuatan showcase dengan kreatifitas masing-masing.

Para peserta antusias dalam mengikuti lomba ini yang ditandai dengan materi yang disajikan dalam showcase menampilkan informasi yang menarik sarat edukasi. “Kelompok USA menyajikan topik Gender Equality, terinspirasi dari gaungnya film Barbie yaitu adanya kesetaraan gender dan standar ganda untuk para wanita dalam masyarakat. Topik yang sesuai dengan SDGs nomer 5 yaitu kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan. Topik ini juga sangat selaras dengan kondisi di Indonesia, dimana semakin banyaknya perempuan yang setara dengan laki-laki dan berperan dalam membantu peningkatan perekonomian keluarga,” jelas Lili.

“Disini membawa satu pesan untuk menghargai kesetaraan gender dan memberdayakan Perempuan,” imbuhnya. Beberapa tim seperti Australia yang fokus memperhatikan pemulihan ekosistem laut dengan melindunginya. Adanya ekosistem yang baik maka kelangsungan hidup manusia dan alam akan menjadi satu simbiosis mutualisme.

Topik Tim Australian sesuai dengan SDGs nomer 14 yaitu Life below water. Sedangkan Tim Malaysia mengedepankan green technology baik green building materials maupun green building design yang sudah dimulai dari tahun 2020 dengan mengadakan sustainable construction practice sampai sekarang. Topik ini sesuai dengan SDGs 11, kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

Area showcase berada di lokasi strategis yaitu dilantai 2 gedung utama Universitas Ciputra Surabaya dengan harapan civitas akademika UC pun tamu-tamu dapat ikut menikmati dan belajar poin-poin SDG dari Showcase ini. Lili berharap dengan cara-cara kreatif seperti ini, lebih banyak orang lagi terpapar informasi SDG sehingga dapat merubah pola pikir dan pola tidak untuk mendukungnya. Info/red


55
/ 100


Verified by MonsterInsights