3 February 2023

PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Rekomendasi Warna Cat untuk Rumah Bergaya Minimalis

91157216396d489496d690b23a60afc7
Kamar dengan warna dusty pink

Pustakalewi.com – Rumah bergaya minimalis kini sedang menjadi tren lantaran bentuknya yang sederhana. Namun, kesederhanaan ruang dalam rumah semacam ini tidak berbanding lurus dengan pewarnaannya. Artinya, Anda dapat menggunakan berbagai macam warna, tidak cuma putih.

“Bagaimana Anda menggunakan warna di ruang minimalis sangat penting karena saat orang berada di ruang minimal, mereka memiliki kapasitas untuk fokus pada warna,” kata psikolog warna yang berbasis di Chicago, AS, Dr. Sally Augustin, seperti dikutip dari situs bisnis produk cat dan pelapis di AS, Sherwin-Williams, Senin (23/1).

Bagi mereka yang tinggal atau bekerja di lingkungan kreatif tetapi masih lebih memilih pendekatan desain yang minimal, menurut desainer Elin Walters dari Exactly Designs di Ann Arbon, Michigan, AS, selalu akan terfokus ke semburat warna.

“Energi tercipta di mana warna ada. Tanpanya, sebuah ruang bisa menjadi tidak bernyawa,” ungkapnya.

Cathie Hong, desainer interior setuju akan hal tersebut. Dia menyarankan untuk memilih warna yang tepat sesuai warna kesukaan Anda namun bermain pada saturasinya. Misalnya, jika Anda menyukai warna pink atau oranye, kurangi saturasinya.

“Kunci saya untuk menambahkan warna adalah menggunakan versi warna yang diredam seperti merah muda, hijau sage, kecoklatan, dan abu-abu atau biru. Warna-warna ini membantu melengkapi dan membawa sedikit kontras pada ruang tanpa membuatnya berlebihan secara visual,” ungkapnya, seperti dikutip dari situs The Spruce.

“Warna komplementer seperti oranye dan biru jika diguinakan dalam jumlah yang tepat akan menghasilkan keajaiban di sebuah ruangan,” tambah Hong.

Melansir dari situs desain rumah, hunker.com, berikut warna-warna pilihan untuk cat rumah bergaya minimalis.

1. Biru Keperakan atau Hijau Sage

Warna biru keperakan atau hijau sage bisa menjadi salah satu pilihan. Anda dapat memberikan warna cat netral di dinding bawah dan hijau sage kontras dengan cat putih yang digunakan di bagian atas. Hasilnya ruangan akan terasa menenangkan dan manis.

2. Hitam atau Coklat Sangat Tua

Mary Patton, dari studio desain interior Mary Patton Design, mencatat meski dengan detail aksen minimalis di dalam ruangan, warna gelap dapat menghadirkan kesan bersih dan segar ke ruang kecil, seperti halnya warna putih atau warna netral. Warna yang gelap namun tetap netral, memungkinkan cahaya aksen bersinar. Misalnya, ruangan kamar mandi yang kecil diaplikasikan warna ini akan terasa minimalis dan mewah.

3. Putih Cerah

Warna putih yang cerah dan netral membantu menarik perhatian pada detail arsitektur. Warna putih cerah dapat memberi kesan hangat pada ruangan minimalis. Ruang minimalis berlatar cat warna putih juga menyegarkan pandangan dan memberikan kesan menenangkan dan bersemangat.

4. Biru

Warna biru seperti biru tua ataupun muda termasuk warna yang diminati untuk cat rumah minimalis. Warna biru dinilai mampu merangsang pemikiran yang jernih sehingga memberikan efek menenangkan pada pikiran Anda di saat tingkat stres sedang menumpuk.

Warna biru juga dikenal bisa mendukung aktivitas meditasi jadi lebih kondusif dan efektif. Helen Powell dari bisnis furnitur dan peralatan rumah tangga Design Hunter, menyarankan untuk mengecat kamar tidur dengan warna biru tua. Warna biru yang tua menyediakan kanvas kosong untuk beberapa dekorasi tertentu.

5. Dusty Pink

Dengan desain yang tepat, dusty pink pun bisa terasa seperti warna cat kamar minimalis yang pas. Menggunakan cat warna ini di ruangan akan membuat hunian Anda terasa lebih lembut dan romantis.

6. Lavender atau Abu-abu

Lavender bukanlah warna pertama yang dikaitkan dengan minimalis. Tapi bila dikombinasikan dengan sedikit warna abu-abu, itu bisa menciptakan kelembutan tertentu di ruangan.

7. Hijau

Warna hijau seringkali identik dengan nuansa alam yang asri dan menyegarkan. Hijau mampu memberikan suasana nyaman di dalam ruangan. Tak heran, warna hijau menjadi salah satu warna yang banyak disukai oleh banyak pemilik hunian minimalis.

Info/red